10 Cara Berhenti Merokok yang Bisa Anda Dicoba

10 Cara Berhenti Merokok

 

Cara Berhenti Merokok | Rokok merupakan produk legal yang sangat mengancam kesehatan tubuh orang yang merokok maupun orang yang hanya menghisap asap rokok. Mengingat begitu banyaknya bahaya yang ditimbulkan baik dari kesehatan diri sendiri dan merugikan orang lain, pernahkah ada sedikit terbesit di dalam hati anda untuk segera berhenti merokok?

Bagi para pecandu rokok, terkadang merupakan suatu hal yang mustahil untuk memisahkan dirinya dengan rokok. Pasalnya perokok sering mengatakan bahwa rokok merupakan teman sejati yang selalu dibawa kemana-mana saat bepergian. Mereka beranggapan bahwa merokok dapat menghilangkan rasa penat dan stress.

Bahkan rokok sudah menjadi kebutuhan seperi layaknya makan nasi yang merupakan makanan wajib untuk dinikmati setiap harinya. Ini menunjukan betapa rokok sudah mengakar ke dalam diri pecandunya.

cara-berhenti-merokok

cara-berhenti-merokok

Bagi anda yang ingin mengambil keputusan untuk berhenti merokok, berikut ini beberapa cara atau tips yang dapat dilakukan agar keinginan berhenti merokok dapat terlaksana.

  1. Kuatkan niat di dalam hati

Bagi anda yang terbiasa merokok, memang akan sangat sulit untuk menghilangkan rokok walaupun hanya beberapa menit saja. Namun bukan berarti anda tidak dapat berhenti merokok. Tidak ada yang tidak mungkin jika kita mau berusaha. Langkah pertama adalah niatkan di dalam hati bahwa anda positif ingin membuang jauh rokok dari kehidupan anda.

  1. Minta bantuan kerabat

Keinginan anda untuk berhenti merokok sebaiknya anda publikasikan kepada teman dan keluarga anda sehingga ketika anda khilaf ingin mencoba kembali, kerabat anda dapat mengingatkan anda tentang bahaya merokok. Minta dukungan dan doa mereka agar anda tetap semangat melaksanakan program ini.

  1. Hindari kebiasaan waktu merokok

Anda tentunya mengenal kebiasaan merokok anda seperti misalnya saat minum kopi, membaca koran, begadang, dan lain sebagainya. Untuk pemula sebaiknya hindarilah dulu kebiasaan waktu anda merokok sehingga anda dapat melupakan rokok anda. Bagi anda yang kesulitan menghindari kegiatan tersebut, anda dapat menggangtinya dengan makan buah-buahan dan menghisap permen.

  1. Atur target waktu

Bagi anda yang pecandu rokok, menghentikan rokok sekaligus memanglah bukan hal yang mudah dan bahkan dapat menyikasa anda. Lakukan dengan cara bertahap namn memberikan hasil positif. Targetkan bahwa anda dapat berhenti total dari rokok dalam waktu 2minggu. Dari hari pertama anda kurangi sedikit demi sedikit setiap harinya sampai target yang ditentukan usai. Misalnya biasanya anda sehari mampu menghabiskan 1 bungkus rokok. Saat hari pertama mulai lah mengurangi menjadi 6 batang dan seterusnya.

  1. Perbanyak minum air putih

Dengan banyak minum air putih dapat melunturkan racun yang ada dalam tubuh. Selain itu air putih dapat membantu anda berhenti merokok karena merokok dengan ditemani air putih akan membuat rasa rokok menjadi tidak nikmat sehingga rasa untuk merokok akan menghilang.

  1. Cari kesibukan

Cobalah anda cari kesibukan yang berhubungan dengan kegiatan posiitif seperti berolahraga secara teratur, dan bercanda bersama keluarga anda sehingga anda melupakan keinginan anda untuk merokok. Hindari kesendirian yang akan membuat anda berhasrat untuk merokok. Padatkan waktu anda sehingga anda tidak punya waktu untuk merokok.

  1. Hindari tempat yang banyak asap rokok

Menghindari tempat yang jauh dari asap rokok memang sulit karena rokok sangat mudah dijumpai dimana-mana. Namun anda masih bisa memilih tempat yang bebas asap rokok seperti di toko dan perpustakaan. Jika anda sedang bersama teman anda ajaklah mereka untuk berkumpul di area bebas rokok. Sebaiknya anda menghindari berkumpul dengan teman-teman anda yang merokok terlebih dahulu sampai anda benar-benar positif berhenti merokok.

  1. Mengganti rokok dengan lainnya

Biasanya ketika anda mengopi dipagi hari selalu ditemani rokok dan juga merokok sehabis makan. bagi anda yang mempunyai kebiasaan demikian, anda dapat mengganti rokok nikotin dengan permen, cemilan seperti wafer dan coklat. Awalnya akan terasa sulit namun jika terus diulang anda akan terbiasa dengan perubahan ini.

  1. Perbanyak tidur dan istirahat

Dengan menghilangkan kebiasaaan merokok anda akan membuat anda terasa lelah. Ada baiknya anda menambah waktu tidur anda. Dengan tidur selain mengurangi rasa lelah anda, tentunya juga akan menghilangkan rasa dari pikiran anda untuk merokok.

  1. Berpikir positif

Jika anda sudah berniat untuk berhenti merokok, tanamkanlah dalam diri anda bahwa anda ingin berubah untuk menjadi lebih baik. Jangan anggap ini sesuatu yang sangat menyiksa anda. Namun berpikirlah dengan berhenti merokok akan membawa anda untuk hidup lebih sehat.

Praktekan cara berhenti merokok secara rutin agar hasilnya maksimal

Itulah beberapa tips atau cara berhenti merokok. Lakukanlah tips di atas secara konsisten. Jangan terus menerus menundanya sebelum semuanya terlambat akibat racun rokok yang menyebar dan mengancam kesehatan anda. Semua keluarga dan teman sejati anda tentu mengharap perubahan positif pada diri anda. Semoga bermanfaat.

10 Cara Berhenti Merokok yang Bisa Anda Dicoba | Dwi Hendarti | 4.5