10 Faktor Penyebab Sperma Tidak Sehat

Penyebab Sperma Tidak Sehat

 

Penyebab Sperma Tidak Sehat | Dalam rumah tangga, apabila terjadi masalah dalam lambatnya memiliki momongan, yang sering terpojokan adalah istri. Karena istri sering dianggap tidak subur, mandul, dan lain sebagainya.

Padahal, berdasarkan penelitian Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan bahwa 15% pasangan sulit mendapat keturunan dikarenakan faktor infertilitas dari suami. Dimana sperma dari suami memiliki kualitas yang tidak sehat. Sperma yang tidak sehat menjadi salah satu biang keladi lambatnya pasangan suami istri mendapat keturunan.

Walaupun hasil persentasinya hanya sekitar 15%, namun hal ini tidak boleh dianggap sepele karena sperma suami sangat berperan penting dalam kelangsungan perkembangan calon janin di dalam rahim. Sperma dianggap sehat apabila memenuhi kriteria tertentu dan yang pastinya mampu membuahi sel telur yang dapat menyebabkan proses kehamilan.

Gaya hidup yang tidak sehat seperti pola makan, jenis makanan yang dikonsumsi, dan kebiasaan hidup yang tidak mengarah kepada hal-hal yang menyehatkan membuat kualitas sperma menjadi tidak sehat. Sehingga masih banyak pasangan yang sudah menikah lama namun belum juga memiliki momongan.

penyebab-sperma-tidak-sehat

 penyebab sperma tidak sehat

Berikut ini akan dibahas 10 faktor penyebab sperma tidak sehat, diantaranya sebagai berikut:

  1. Kekurangan vitamin C

Vitamin C sangat diperlukan oleh tubuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu juga vitamin C dapat membantu meningkatkan kualitas reproduksi bagi pria. Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan kemandulan.

  1. Merokok

Seperti telah diketahui bahwa rokok sangat berbahaya bagi tubuh. Di dalam rokok terdapat zat-zat berbahaya yang akan berakibat buruk bagi kesehatan. Bahkan pada setiap label rokok sendiri tercatat peringatan bahwa merokok dapat menyebabkan kanker, jantung koroner, sampai kemandulan. Mengapa demikian? Karena rokok menyebabkan pembuluh darah menyempit sehingga zat-zat yang berguna bagi pembentukan zigot (sel sperma) menjadi terhambat. Hal ini tentunya akan membuat pria menjadi impotensi dan menghasilkan kualitas sperma yang buruk.

  1. Gizi makanan yang rendah

Pola makan sangat berpengaruh terhadap kualitas sperma. Terlalu sering mengkonsumsi makanan yang tidak bergizi akan menurunkan kualitas sperma. Makanan yang dikonsumsi dalam mendukung tingkat sperma yang berkualitas haruslah makanan yang mengandung unsur-unsur mangan, seng, dan selenium.

  1. Minuman keras

Bagi laki-laki yang suka mengkonsumsi alcohol berhati-hatilah. Karena selain akan merusak sistem kerja organ tubuh, juga akan membuat kualitas sperma menjadi buruk. Hal ini dikarenakan alcohol yang dikonsumsi baik dalam jumlah banyak ataupun sedikit akan mengganggu sistem syaraf dan membuat pembuluh darah menyempit yang menyebabkan si penderita akan mengalami disfungsi ereksi dan juga sperma yang disusun oleh zat dalam tubuh akan melemah dengan sendirinya dan bahkan tidak berfungsi.

  1. Obat-obatan terlarang

Semua jenis obat-obatan terlarang sepeti ekstasi, sabu-sabu, ganja, dan kokain akan mempengaruhi kualitas sperma. Pria yang suka mengkonsumsi obat-obatan terlarang berakibat menderita impotensi atau ereksi yang lemah sehingga kualitas sperma yang dihasilkan tidak sehat dan tidak mampu membuahi sel telur.

  1. Olahraga yang berlebihan

Olahraga memang sangat bagus untuk kesehatan. Namun apabila melakukan olahraga secara berlebihan akan berakibat buruk pada kualitas sperma. Olahraga berlebihan menyebabkan suhu tubuh meningkat, terutama di daerah skrotum, tempat sperma dibentuk. Lingkungan sperma seharusnya dalam suhu yang lebih rendah dari suhu tubuh. Jika melakukan kegiatan olahraga secara overdosis akan membuat lingkungan sperma menjadi tidak optimal sehingga membuat kualitas sperma yang dihasilkan tidak sehat.

  1. Celana terlalu kentat

Penggunaan celana yang terlalu kentat dan terbuat dari bahan yang terlalu tebal seperti bahan jeans akan membuat lingkungan disekitar kelamin menjadi panas.

  1. Lingkungan berbahaya

Lingkungan tempat anda sering tinggal, baik itu disekitar rumah ataupun diruang kerja dimana banyak terdapat senyawa berbahaya seperti terdapat di pabrik ataupun di laboratorium dapat membuat sperma menjadi rusak. Radiasi computer juga dapat memicu terjadinya kerusakan pada kualitas sperma yang dihasilkan.

  1. Steroid

Steroid ternyata memiliki efek samping yang sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kerusakan hati, meningkatkan kolestrol LDL tinggi, pertumbuhan terhambat, kerontokan pada rambut, masalah pada ginjal, dan juga kemandulan.

  1. Obat antibiotik

Terlalu sering mengkonsumsi obat-obatan antibiotik untuk mengatasi penyakit tertentu atau juga mengobati infeksi ternyata mempunyai resiko dalam menurunkan kualitas sperma. Penggunaan antibiotic dalam jangka lama dapat menyebabkan kemandulan. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter dalam mengkonsumsi obat-obat antibiotik.

Ingat faktor penyebab sperma tidak sehat agar lebih waspada

Dari 10 faktor penyebab sperma tidak sehat di atas, dapat kita tarik kesimpulan bahwa semuanya itu merupakan pola hidup yang tidak sehat. selain 10 penyebab di atas, kegiatan sehari-hari seperti terlalu lelah, kurang tidur, dan stress juga merupakan pola hidup yang tidak sehat yang dapat menghambat kualitas sperma.

Ditambah lagi dengan pola makan yang tidak sehat yang sering dikonsumsi setiap harinya seperti sering makan makanan yang instan dan mengandung banyak bahan pengawet, minuman soda, dan lain sebagainya juga merupakan sumber yang mempengaruhi sperma baik atau buruknya.

Sebaiknya untuk meningkatkan kualitas sperma yang sehat, ubahlah kebiasaan gaya hidup anda. Pola hidup sehat akan membawa dampak positif pada kehidupan kita. Semoga beberapa faktor penyebab sperma tidak sehat ini bermanfaat.

10 Faktor Penyebab Sperma Tidak Sehat | Dwi Hendarti | 4.5