4 Pola Makan yang Salah Rusak Diet

Pola Makan yang Salah

Pola Makan yang Salah | Tubuh mengharuskan kita untuk memberikan asupan makanan untuk pertumbuhan dan perkembangan disetiap harinya. Makanan yang anda makan menentukan kondisi tubuh anda. Pola makan yang salah membuat anda terserang berbagai penyakit atau gangguan kesehatan yang sebelumnya tidak anda sadari.

Para ilmuan berpendapat bahwa sumber penyakit bersumber dari dalam perut. Seperti anda ketahui, perut sebagai wadah proses pencernaan makanan yang telah anda makan. Mungkin anda sering kali tidak menyadari beberapa kegiatan buruk yang bahkan sudah menjadi kebiasaan sehari-hari saat anda mengkonsumsi makanan, dimana kebiasaan buruk tersebut tidak dianjurkan untuk dilakukan agar kesehatan anda tetap selalu terjaga.

pola makan yang salah

pola makan yang salah

Berikut merupakan kebiasaan pola makan yang salah:

  1. Nyemil untuk menghilangkan stress

Anda mempunyai cemilan favorit? Ketika anda mengkonsumsi cemilan yang menjadi favorti anda, tentu merupakan hal yang menyenangkan. Cemilan favorit dapat membuat anda ketagihan untuk semakin sering mengkonsumsinya. Terkadang ketika anda mengalami masalah stress karena suatu permasalahan, anda banyak menghabiskan waktu anda untuk menyantapnya sebagai penghilang rasa stress. Namun taukah anda bahwa hal tersebut tidak baik bagi kesehatan anda? Banyak cemilan yang beredar dipasaran tidak memiliki kandungan gizi seimbang yang diperlukan tubuh, hanya memiliki rasa yang enak namun nol akan gizi. Ketika anda stress, anda kurang mengontrol seberapa banyak yang anda konsumsi. Walaupun pada saat anda melakukannya, hati anda menjadi lebih nyaman. Namun hal ini akan beresiko meningkatkan obesitas pada tubuh anda. Kadar gula dalam tubuh pun dapat meningkat dengan cepat. Jika sudah obesitas, masalah lain yang berhubungan dengan kesehatan anda juga akan bermunculan. Seperti kurangnya rasa percaya diri akibat tubuh yang obesitas, ditambah dengan resiko penyakit jantung, dan lain sebagainya. Tentu bukan menjadi hal yang anda inginkan bukan!

  1. Makan terlalu malam

Makan malam atau hanya sekedar nyemil sering sekali dilakukan banyak orang. Terutama ketika seseorang sedang lembur karena tuntutan pekerjaan dan kepentingan lain yang menuntutnya untuk melakukan aktifitas dimalam hari atau hanya sekedar menonton acara televisi bersama kerabat. Apakah anda termasuk di dalamnya? Terjaga diwaktu malam sering membuat anda merasa sangat lapar. Jika sudah begini, makanan dan cemilan seadanya yang sering menjadi pendamping anda. Walaupun gizinya belum tentu ada asalkan sudah kenyang sudah membuat perut anda puas. Tapi taukah anda bahwa mengkonsumsi makanan terlalu malam dapat membuat perut anda menjadi buncit dan susah tidur. Tubuh ideal menjadi dambaan semua orang. Perut yang buncit bukan tergolong tubuh yang ideal. Seperti diketahui bahwa perut merupakan sarang penyakit. Resiko ini lebih banyak dialami oleh seseorang yang memiliki perut buncit. Perut buncit berkaitan dengan makanan yang anda makan setiap harinya.

  1. Makan telalu cepat

Ketika anda terkejar oleh waktu, namun anda sedang dalam keadaan menyantap makanan tentunya membuat anda menyantap makanan dengan sangat cepat. Hal ini tidak baik untuk kesehatan anda. Ketika anda makan terlalu cepat, akan menimbulkan penekanan udara yang berlebih sehingga mengakibatkan perut anda menjadi kembung. Terlebih lagi saat anda terburu-buru makan, anda tidak akan sempurna mengunyah makanan. Hanya air liur yang anda andalkan untuk menghancurkan makanan. Sistem pencernaan anda akan bekerja sangat keras. Kebiasaan seperti ini akan mengakibatkan resiko terkena gangguan sistem pencernaan pada perut anda.

  1. Porsi makan yang super

Makan jika belum kenyang belum berhenti. Itulah pola makan yang sering dilakukan. Apalagi anda makan sambil nonton televise atau sambil ngobrol. Tidak terasa anda mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang super. Setelah makan nasi ditambah makan roti, dan lain-lain. Padahal porsi makan yang berlebihan dalam jumlah yang banyak dapat beresiko terhadap kesehatan tubuh anda. Resiko obesitas atau bahkan diabetes mudah menyerang. Sebaiknya anda menyantap makanan yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan tubuh anda. Berhentilah makan sebelum anda merasa kenyang sehingga perut benar-benar dapat bekerja dengan maksimal.

Itulah beberapa kebiasaan buruk yang mungkin sering anda lakukan. Pola makan yang benar akan membuat tubuh anda menjadi ideal dan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan. Untuk itu bagi anda yang memiliki kebiasaan tersebut di atas, hendaklah merubahnya dan menggantinya dengan kebiasaan makan sesuai aturan. Semoga bermanfaat.

4 Pola Makan yang Salah Rusak Diet | Dwi Hendarti | 4.5