6 Penyebab Anak Susah Makan

Penyebab Anak Susah Makan | Semua orang tua pasti merasa khawatir ketika buah hatinya susah makan. Tak sedikit para orang tua yang kebingungan dalam mengatasi anak yang susah makan. Makanan merupakan sumber terpenting dalam menunjang pertumbuhan dan perkembangan anak. Namun terkadang ada juga orang tua yang menganggap bahwa anak susah makan adalah hal yang wajar. Padahal hal ini tidak boleh dianggap sepele karena pada masa kecil anak memerlukan asupan nutrisi yang seimbang sebagai faktor penunjang kesehatan dan kecerdasan anak.

Setiap orang tua mendambakan pertumbuhan dan perkembangan anak yang aktif dan sehat. Berbagai cara dilakukan agar anak mau makan. Namun kalau anak kehilangan nafsu makan, janganlah memaksa anak untuk menghabiskan makanan dengan porsi berlebihan.

penyebab anak susah makan

penyebab anak susah makan

Berikut ulasan penyebab anak susah makan:

  1. Fase belajar lingkungan luar

Pada masa kecil anak selalu ingin tau dan belajar mengenal lingkungan. Hal ini yang membuatnya terkadang melupakan waktu makan. Terlalu asyik belajar dan bermain membuatnya melupakan perutnya yang sedang memerlukan asupan nutrisi dari makanan. Jika anak mulai bosan dengan kegiatan disuapi, anda dapat membiarkannya untuk belajar makan sendiri sehingga dia dapat belajar dan merasakan pengalaman barunya.

  1. Tumbuh gigi

Saat anak tumbuh gigi maka anak merasakan sakit pada bagian fisiknya, hal ini dapat mengganggu minat makan anak. Pada saat ini anda dapat mengganti tekstur makan anak menjadi yang lunak.

  1. Sedang batuk dan pilek

Ketika anak sedang terserang batuk dan pilek keadaan fisiknya menurun dan anak dapat kehilangan nafsu makan. Adakalanya anak ketika sudah pulih kesehatannya maka nafsu makannya akan kembali lagi. Namun ada juga susah makan menjadi berkepanjangan. Hal ini dapat mengganggu tumbuh kembang si kecil.

  1. Mengkonsumsi camilan

Jika anak sudah banyak kemasukan camilan maka akan membuat anak susah makan. Anda harus memperhatikan apakah camilan yang dimakan anak bergizi atau tidak. Jika tidak bergizi maka akan berdampak pada pertumbuhan anak. Sebaiknya anak tetap diatur pola makan dan nyemil. Jika anak suka nyemil, berikan camilan yang mengandung nilai gizi yang baik bagi anak.

  1. Makan makanan yang manis

Mengkonsumsi makanan yang manis terlebih dahulu sebelum makan dapat membuat anak malas untuk makan nasi. Hal ini karena makanan yang manis tinggi akan kalori sehingga anak akan merasakan kenyang sesaat yang membuatnya malas untuk makan lagi.

  1. Kondisi psikologi

Keadaan batin anak yang kurang nyaman membuat anak menjadi susah makan, misalnya anak merasakan cemas dan depresi. Perasaan anak cemas dapat dicontohkan misalnya pada anak yang ditinggalkan orang tuanya pergi jauh. Saat anak jauh dari orang tuanya maka batin anak merasakan kecemasan yang dapat mengganggu selera makan anak. Depresi misalnya pada kasus anak yang sering dimarahin orangtuanya karena tidak mau makan dan anak sering dipaksa untuk makan yang banyak sehingga pola makan menjadi peristiwa makan menjadi hal yang tidak menyenangkan bagi anak.

Sebagai orang tua hendaknya anda menjadwalkan kapan waktu anak yang tepat untuk diberi makan dan diberikan cemilan sehingga pola makan anak menjadi teratur. Demikian beberapa penyebab anak susah makan, semoga kita menjadi lebih tanggap dan sabar melayani buah hati.

6 Penyebab Anak Susah Makan | Dwi Hendarti | 4.5