6 Penyebab Bau Mulut Membandel

Penyebab Bau Mulut Membandel

 

 

Penyebab Bau Mulut MembandelMasalah bau mulut terkadang menghampiri siapa saja. Bau mulut sering mengganggu si penderita karena menyebabkan kurangnya rasa percaya diri. Selain itu hal ini dapat mengganggu kenyamanan orang lain yang menghirupnya.

Bau mulu yang sekali-kali muncul merupakan hal yang wajar, namun jika seseorang terus mengalami bau mulut ini bisa menjadi pertanda kebersihan gigi dan mulut yang kurang dijaga. Dan dilain sisi ini bisa merupakan sinyal bahwa ada penyakit tertentu pada tubuh anda. Alangkah lebih baiknya bagi kita yang memiliki masalah bau mulut yang terus menerus agar mengenal penyebab dari bau mulut tersebut.

Berikut merupakan penyebab bau mulut membandel:

  1. Gigi dan mulut tidak bersih

Kurang bersihnya gigi dan mulut menyebabkan 85% masalah bau mulut muncul. Hal ini dikutib oleh sebuah penelitian yang ditulis dalam International Journal of Oral Science. Sisa makanan yang tersisa dan menempel di sela-sela gigi menjadi sarang yang menyenangkan bagi bakteri. Hal ini karena bakteri sangat menyukai tempat yang lembab, basah, dan hangat. Salah satu tempat yang memiliki kriteria tersebut adalah pada sisa makanan yang menempel. Disitulah bakteri berkembang dan menyebabkan bau mulut anda. Bakteri menghasilkan senyawa sulfur yang berbau telur busuk. Maka sikat gigi dan berkumur-kumurlah minimal 2x sehari. Selain itu gosoklah lidah anda juga karena bakteri juga sering menempel pada lidah bagian belakang anda.

penyebab-bau-mulut-membandel

                           penyebab bau mulut membandel

  1. Banyak mengkonsumsi makanan berbau menyengat

Secara umum anda mungkin sudah mengetahui makanan penyebab bau mulut seperti petei dan jengkol. Selain itu terlalu banyak mengkonsumsi bawang merah dan putih, makanan tinggi karbohidrat dan terlalu manis juga menjadi faktor pemicu bau mulut karena jenis makanan tersebut dapat menarik bakteri lebih banyak. Hindarilah makanan penyebab bau mulut tersebut terutama ketika anda hendak bersosialisasi dengan orang banyak. Makanlah makanan yang berserat untuk mengurangi masalah bau mulut anda. Selain makanan, rokok juga merupakan penyebab bau mulut.

  1. Kurangnya asupan air

Kekurangan cairan di dalam tubuh menyebabkan produksi air liur menurun. Padahal manfaat air liur adalah untuk membersihkan bakteri-bakteri di dalam mulut. Selain itu juga air liur berfungsi menjaga sel-sel dalam mulut agar tetap hidup. Jika sel-sel di dalam mulut banyak yang mati akan menyebabkan masalah bau mulut. Minumlah air yang cukup sekurang-kurangnya 8 gelas takar perhari atau sekitar 1,8 liter perhari. Anda juga dapat mengkonsumsi teh hijau. Minum teh hijau juga mampu membersihkan bakteri dalam mulut karena mampu mengubah senyawa sulfur menjadi senyawa lain.

  1. Kadar asam lambung tinggi

Orang yang memiliki tingkat kadar asam lambung tinggi (maag) lebih sering bersendawa. Sendawa yang keluar berbau busuk. Aroma yang keluar mirip asam cuka. Banyak yang menduga bahwa asam lambung hanya masalah pada pencernaan. Namun nyatanya asam lambung yang dibiarkan dapat menjalar pada masalah bau mulut. Bagi anda yang memiliki masalah sakit maag maka kurangi makanan yang memiliki kadar asam yang tinggi seperti kayu manis, cuka, dan lain-lain.

  1. Infeksi sinus atau amandel

Pada penderita infeksi sinus menyebabkan bau busuk yang keluar pada mulut. Salah satu cara untuk mengobatinya adalah dengan berkonsultasi dengan dokter. Selain kasus infeksi sinus, juga terjadi pada kasus infeksi amandel dimana infeksi ini menyebabkan peradangan pada amandel. Dilain sisi radang tenggorokan menghasilkan butiran kalsium dibelakang tenggorokan yang menyebabkan aroma tidak sedap. Cara efektif dalam mengobati masalah ini adalah dengan berkumur dengan air berkadar garam tinggi. Fungsinya untuk membunuh bakteri yang ada di mulut. Masukan 1 sendok garam pada seperempat gelas air dan buat berkumur pada  pagi hari. Lakukan selama 2 atau 3 hari dan lihat hasilnya.

  1. Penyakit berbahaya

Meskipun faktor ini sangat jarang ditemukan, namun pada beberapa kasus penyakit berbahaya menyebabkan bau busuk pada mulut seperti penyakit kanker sekitar area mulut seperti kanker hidung, tenggorokan, telinga, dan leher. Aroma busuk ini disebabkan oleh kanker itu sendiri.

Itulah beberapa penyebab bau mulut membandel. Jika anda mengalami masalah bau mulut, jangan panik. Kenalilah penyebabnya agar anda mudah mengatasi masalahnya. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita bersama.

6 Penyebab Bau Mulut Membandel | Dwi Hendarti | 4.5