7 Makanan Penting Untuk Ibu Hamil

Makanan Penting Untuk Ibu Hamil | Menjaga kehamilan agar tetap sehat dengan nutrisi baik merupakan hal yang harus dikerjakan oleh ibu hamil. Agar bayi yang dilahirkan kelak sehat dan lebih cerdas serta kesehatan ibu hamil lebih terjaga. Pada dasarnya semua makanan mempunyai nutrisi, tetapi ada beberapa makanan tertentu yang mempunyai nutrisi tinggi dan cocok sekali untuk ibu hamil. Dan kabar gembiranya makanan ini mudah untuk ditemukan di pasaran, sehingga kita tidak perlu khawatir dalam pemenuhan nutrisi pada janin.

Berikut 7 Makanan Penting untuk Ibu Hamil yang patut dicoba

1. Telur

Telur mempunyai kandungan protein dan kolin yang baik untuk kesehatan serta perkembangan otak janin selama proses masaknya benar. Tingkat kematangan telur menjadi hal penting, karena besar kemungkinan bakteri akan masuk dalam tubuh disaat proses masaknya tidak benar. Buat kreasi masakan dengan merebus atau membuat telur dadar agar anda tidak bosan dalam mengkonsumsinya.

2.  Alpukat

Energi yang seimbang dan aman sangatlah diperlukan oleh ibu hamil, mengingat aktivitas dalam mengurusi rumah tangga yang sangat melelahkan. Untuk menjaga energi agar lebih stabil, ibu hamil sangat disarankan untuk mengkonsumsi alpukat. Karena alpukat mengandung vitamin B komplek dan asam lemak tak jenuh tunggal yang merupakan kandungan aman untuk tambahan energi bagi ibu hamil.

makanan penting untuk ibu hamil

makanan penting untuk ibu hamil

3.  Beras Merah

Hal yang paling ditakutkan pada wanita hamil adalah naiknya tekanan darah akibat kolestor yang tinggi selama kehamilan. Karena tekanan tinggi bisa menyebabkan kematian disaat proses persalinan berlangsung. Untuk menjaga hal tersebut tidak terjadi, ada baiknya ibu hamil mengkonsumsi beras merah. Sebab beras merah dapat membantu menurunkan kolestrol darah. Selain itu beras merah juga mengandung nutrisi yang baik serta kandungan EPA dan DHA untuk menjaga kesehatan bayi. Kandungan B1 dalam beras merah juga patut dipertimbangkan agar bayi lebih aman dari penyakit beri-beri.

4.  Ubi jalar

Ubi jalar orange sangat baik untuk ibu hamil. Ibu hamil akan terbantu dengan asupan vitamin A yang terdapat di dalamnya. Ubi jalar juga dapat digunakan sebagai antioksidan oleh ibu hamil untuk mencegah  kerusakan sel akibat radikal bebas yang berbahaya di lingkungannya.

5.  Ikan

Proses membangun kecerdasan otak selalu tidak lepas dari omega 3, sehingga ikan menjadi penting dalam menu makanan ibu hamil. Kandungan omega 3 dapat ditemukan di ikan laut dan sungai. Ikan laut biasanya yang sering disarankan adalah ikan salmon dan ikan gabus (haruan) untuk ikan sungai. Buat masakan dengan kematangan baik agar tidak adanya bakteri yang berbahaya. Untuk anda yang ingin meningkatkan omega 3 pada bayi bisa juga mengkonsumsi minyak ikan yang sudah teruji kualitas dan higienisnya. INFO: Hindari makan sushi saat hamil karena dapat menimulkan efek negatif pada janin.

6. Yoghurt

Kandungan makanan hasil fregmentasi ini baik untuk ibu hamil selama dikonsumsi dengan standar dan tidak berlebihan. Yoghurt mengandung beberapa unsur seperti bakteri baik laktobacillus dalam protein yang membantu pertumbuhan janin, probiotik untuk kekebalan di dalam usus ibu hamil dari penyakit bahan berbahaya dari makanan, kalsium yang dapat memperkuat tulang bayi, dan zat besi. Untuk anda yang tidak suka rasa asam, sebaiknya dicampur dengan madu agar manfaat yang didalamnya tetap bisa dinikmati oleh  janin dan anda.

7. Kacang Hijau

Manfaatkan kacang hijau untuk penambahan serat yang baik. Kandungan serat dalam kacang hijau dapat membantu menstabilkan tekanan darah. Hal yang penting dan diharapkan oleh setiap ibu hamil adalah bayi lahir dengan normal. Kacang hijau ini sangat bagus karena dapat meningkatkan asupan folat pada janin. Float terbukti dapat mencegah kecacatan pada bayi lahir.

Konsumsi makanan penting untuk ibu hamil sesuai proporsinya agar apa yang diharapkan bisa terwujud

Demikian 7 makanan penting untuk ibu hamil, semoga dapat menjadi referensi tambahan dan bermanfaat untuk kita semua.

 

7 Makanan Penting Untuk Ibu Hamil | Dwi Hendarti | 4.5