7 Makanan Penyebab Bau Badan

Makanan Penyebab Bau Badan yang Harus Diwaspadai

 

Makanan Penyebab Bau Badan | Bau badan bukan merupakan sebuah penyakit menular namun ketika bau badan seseorang tidak nyaman, dapat menurunkan rasa percaya diri. Upaya umum untuk menghilangkan bau badan seperti menggunakan deodoran, lotion, dan lain-lain dalam menghilangkan bau badan, namun bau badan tetap saja selalu meyertai. Bau badan yang dikeluarkan dari tubuh bisa muncul karena beberapa faktor. Selain faktor keringat yang terkontaminasi dengan bakteri, juga disebabkan oleh makanan yang kita konsumsi setiap hari.

makanan-penyebab-bau-badan

Berikut ini makanan yang harus anda batasi untuk mencegah bau badan:

1. Bawang merah dan bawang putih

Bawang merah dan bawang putih memang selalu mendampingi masakan anda karena dikenal sebagai bumbu dapur. Selain memiliki manfaat bagus bagi kesehatan dan mampu melezatkan masakan anda, ternyata jika dikonsumsi secara berlebih dapat memicu bau badan tidak sedap. Kedua bawang ini memiliki zat volatile sulfurous yang mampu menahan bau bawang menempel selama berjam-jam setelah dikonsumsi.

2. Kunyit

Kunyit mengandung senyawa volatile juga yang jika dikonsumsi akan keluar melalui keringat pada tubuh kita. Senyawa ini diserap oleh darah dan paru-paru setelah dicerna, sehingga tidak hanya menimbulkan bau badan tetapi juga bau mulut.

3. Daging merah

Daging merah memerlukan waktu lama untuk dicerna. Ketika makanan tidak dicerna secara langsung, racun dan gas berbau busuk dilepaskan dari dalam tubuh yanag menjadi sumber bau badan. Dalam studi yang diterbitkan oleh Jurnal Chemical menyebutkan bahwa orang yang mengkonsumsi vegetarian memiliki aroma tubuh yang lebih menarik dan lebih sedikit memiliki resiko bau badan dibandingkan mereka yang banyak mengkonsumsi daging.

4. Makanan pedas

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas akan memicu keringat keluar lebih banyak. Semakin banyak keringat keluar, bakteri yang muncul juga akan semakin betah berlama-lama tinggal di kulit tubuh yang dapat memicu bau badan anda.

5. Makanan olahan dan /junk food

Makanan yang banyak mengandung gula, garam, tepung, dan sebagainya cendrung akan membusuk di dalam perut sehingga memproduksi bau tidak sedap.

6. Kolin

Contoh makanan yang kaya kolin adalah hati, telur, dan ikan. Makanan yang kaya kolin jika dikonsumsi dapat membuat bau badan seperti bau ikan (berbau amis).

7. Gorengan

Lemak dan minyak yang ada pada makanan yang digoreng akan menjadi tengik selang waktu lamanya sehingga bisa mengarah pada pencernaan yang buruk dan menjadi penyebab bau badan.

Selain 7 makanan di atas ada satu hal yang tak kalah pentingnya  yaitu Tembakau. Asap rokok dari tembakau yang bercampur unsur-unsur lain dapat menimbulkan bau yang sangat tak sedap. Biasanya bau keluar melalui kelenjar keringat para perokok. Bahkan ketika anda sudah berhenti merokok, bau ini akan tetap menempel pada tubuh anda selama berminggu-minggu.

Itulah beberapa makanan penyebab bau badan. bagi anda yang memiliki masalah bau badan hindarilah beberapa makanan di atas dan rajinlah membersihkan diri (mandi) secara teratur serta perbanyak minum air putih serta perhatikan asupan makan sayur dan buah secara seimbang. Semoga bermanfaat.

7 Makanan Penyebab Bau Badan | Dwi Hendarti | 4.5