7 Manfaat Buah Tomat

Manfaat Buah Tomat untuk Kesehatan

Manfaat Buah Tomat | Tomat merupakan jenis buah yang tidak asing lagi dan sangat mudah kita jumpai hampir disetiap warung yang menjual sayuran. Tomat merupakan salah satu jenis buah-buahan yang identik dengan warna khasnya yang merah memukau dan memiliki rasa yang sedap. Buah ini dapat dikonsumsi secara langsung, atau pun dijadikan sebagai minuman segar seperti jus tomat, atau pun sebagai penambah cita rasa pada masakan anda, dan juga sebagai campuran sambal yang disebut dengan sambal tomat.

Taukah anda bahwa tomat memiliki manfaat yang begitu luar biasanya bagi kesehatan tubuh kita?

Tomat memiliki harga yang sangat terjangkau, yang relative murah meriah. Sehingga tak jarang tomat selalu ada di dapur ataupun di dalam kulkas. Tomat memiliki manfaat yang sangat diperlukan untuk kesehatan tubuh kita. Tomat memiliki kandungan nutrisi yang sangat bagus, dimana buah ini merupakan sumber vitamin A, C, K, kalium folat, niacin, vitamin B6, magnesium, fosfor, tembaga, serta rendah sodium, lemak jenuh, kalori, maupun kolesterol. Karena tomat kaya akan nutrisi, alasan inilah yang menjadikan tomat sebagai salah satu buah yang wajib dikonsumsi setiap hari.

manfaat buah tomat

manfaat buah tomat

 

Berikut ini ulasan 7 manfaat buah tomat bagi kesehatan tubuh:

  1. Melindungi kulit wajah dan tubuh

Tomat memiliki kandungan likopen dimana kandungan likopen bermanfaat untuk melindungi kulit wajah dan tubuh anda dari kerusakan jaringan kulit akibat terkena langsung sinar ultraviolet dari matahari.

  1. Memperlancar sistem pencernaan

Tomat memiliki sumber seray yang tinggi sehingga dapat  membantu memperlancardan menyehatkan sistem pencernaan anda.

  1. Memperkuat dan memperindah rambut

Tomat memiliki kandungan vitamin A yang tinggi dan dapat membantu memperkuat dan memperindah pertumbuhan rambut anda dari pangkal hingga ujung rambut.

  1. Mencegah diabetes secara alami

Kandungan kromium yang ada dalam buah tomat dapat membantu menyeimbangkan kadar gula dalam tubuh anda. Sehingga kadar gula dalam tubuh tetap stabil dan tidak mengancam kesehatan anda akibat diabetes.

  1. Menyehatkan mata

Sumber vitamin A pada buah tomat yang tinggi dapat membantu menyehatkan mata anda dan juga mempertajam daya penglihatan pada organ mata terhadap benda-benda yang ada disekitar anda.

  1. Memperkuat tulang tubuh

Tomat kaya akan sumber vitamin K yang dapat membantu memperkuat tulang anda dalam mencegah terjadinya osteoporosis atau pengeroposan tulang tubuh anda.

  1. Pencegah kanker

Bagi anda yang ingin selalu terhindar yang berbagai jenis penyakir kanker cobalah untuk mulai mengkonsumsi tomat secara teratur. Berbagai jenis kanker yang dapat dicegah seperti kanker prostat, mulut tenggorokan, kanker ovarium, kanker tenggorokan, lambung, dan usus besar yang kesemuanya itu sangat mengancam kesehatan tubuh anda.

Itulah beberapa manfaat buah tomat yang sangat penting bagi kesehatan kita yang sangat sayang jika dilewatkan begitu saja. Yang perlu kita garis bawahi adalah ternyata “sehat tak harus mahal dan yang mahal bukan jaminan menyehatkan”. Semoga bermanfaat.

7 Manfaat Buah Tomat | Dwi Hendarti | 4.5