9 Cara Menghilangkan Bau Badan Bag. 1

Cara Menghilangkan Bau Badan | Masalah bau badan merupakan masalah tubuh yang sangat mengganggu. Walaupun sering menggunakan parfum, bau badan masih sering sekali muncul. Secara sadar ataupun tidak, seseorang yang sedang berkeringat dan memiliki bau yang tak sedang tentu akan membuat kepercayaan seseorang menjadi hilang karena ketika berdekatan dengan orang lain, si penderita akan merasa minder. Ditambah lagi dengan orang lain yang menciumnya akan merasa risih dan menganggap orang yang memiliki bau tak sedap adalah orang yang jorok dan kurang menjaga kebersihan badan.

Bau tak sedap yang keluar dari badan disebabkan oleh bakteri yang berrcampur keringat. Keringat sendiri sebenarnya tidak berbau, namun ketika sudah terkontaminasi dengan bakteri akan menimbulkan bau tidak sedap. Keringat biasanya muncul setelah kita beraktifitas terutama melakukan aktifitas yang berat. Keringat dihasilkan oleh dua kelenjar yang ada di dalam tubuh kita.  Dua kelenjar tersebut yaitu kelenjar accrine dan apocrine. Keduanya memiliki fungsi masing-masing, dimana kelenjar accrine menghasilkan keringat bening yang tidak berbau, seperti yang biasanya keluar dari telapak tangan, dahi, dan pungung. Kelenjar seperti ini sudah diproduksi sejak kita masih bayi. Berbeda dengan kelejar apocrine yang biasanya keluar pada daerah tubuh-tubuh tertentu yang selalu ditumbuhi oleh rambut, seperti ketiak, hidung, dan kemaluan. Kelenjar ini akan meningkatkan produksi keringatnya saat masa-masa pubertas yang jika bercampur dengan bakteri akan menimbulkan bau yang tak sedap yang biasa disebut dengan bau badan.

mengatasi-bau-badanBau tak sedap dapat di atasi dengan berbagai cara. Berikut merupakan tips cara menghilangkan bau badan secara alami, yaitu:

  1. Mandi secara teratur

Bau badan bisa terjadi karena seseorang jarang mandi sehingga bakteri tetap bersarang dibagian tertentu dan jika sudah mengeluarkan keringat, bakteri akan beraktifitas untuk membuat keringat mengeluarkan bau badan.

Cobalah untuk mandi sehari minimal 2 kali untuk menjaga kesegaran dan melindungi badan dari bakteri.

  1. Merebus daun sirih

Daun sirih mempunyai banyak khasiat dalam mengatasi masalah kesehatan kita, diantaranya untuk menghilangkan bau badan. Daun sirih sangat mudah ditemukan di pasar atau tempat-tempat yang memiliki daun sirih. Cara pemakaian sangat sederhana yaitu dengan mencampurkan kurang lebih 30 lembar daun sirih ke dalam wadah yang berisi 1 gayung air. Didihkan air yang bercampur daun sirih tersebut hingga benar-benar mendidih. Kemudian, campur air rebusan sirih tersebur ke dalam ember berisi air secukupya hingga menjadi hangat. Setelah itu mandikan air yang bercampur air rebusan daun sirih tersebut dengan rutin.

  1. Minum air daun sirih

Selain dengan cara dimandikan, daun sirih juga dapat digunakan untuk minum supaya hasilnya lebih maksimal. Cara  penggunaanya juga cukup gampang, yaitu dengan menyediakan beberapa lembar daun sirih lalu diminum lalu rendam ke dalam gelas air putih. Agar lebih nikat, anda dapat menambahkannya dengan gula putih.

Silahkan klik cara menghilangkan bau badan bag. 2 untuk artikel selanjutnya.

9 Cara Menghilangkan Bau Badan Bag. 1 | Dwi Hendarti | 4.5