Apakah Keputihan Pada Ibu Hamil Bisa Terjadi?

Keputihan Pada Ibu Hamil

 

Keputihan Pada Ibu Hamil | Mahkota wanita sangat penting untuk selalu dijaga kesehatannya. Masalah keputihan terkadang muncul dengan tiba-tiba. Sebagian wanita menganggap bahwa keputihan merupakan hal yang wajar yang sering di alami oleh para wanita. Apabila sedang mengalami keputihan, banyak wanita yang cendrung mengabaikannya. Padahal keputihan yang tergolong berbahaya perlu mendapat penanganan lebih lanjut sehingga tidak menimbulkan bahaya bagi kesehatan daerah kewanitaan.

Bagi wanita hamil keputihan juga dapat terjadi. Namun bagi anda yang sedang hamil dan mengalami keputihan, anda tak perlu langsung cemas karena keputihan saat hamil tergolong normal. Hal ini dikarenakan pengaruh hormon yang diproduksi selama kehamilan, misalnya estogen. Sehingga selama hamil tubuh anda akan mengalami banyak perubahan, dimana akan keluar lender dari vagina. Lender yang keluar pada masa kehamilan akan meningkat dari pada ketika anda tidak sedang hamil.

keputihan pada ibu hamil

keputihan pada ibu hamil

Keputihan pada ibu hamil  yang tergolong normal umumnya keluar dengan tekstur yang encer, berwarna putih agak bening campur putih seperti susu, tidak menyebabkan gatal , dan tidak berbau busuk.

Namun bagi anda yang sedang hamil, anda juga perlu memperhatikan dan mengenali tekstur keputihan yang keluar. Walaupun keputihan bagi ibu hamil tergolong normal, namun apabila terjadi perubahan lendir, maka anda perlu waspada karena keputihan ini dapat tergolong tidak normal.

Keputihan pada ibu hamil

Keputihan yang tergolong tidak normal dapat ditandai dengan ciri-ciri sebagai berikut:

  • Lendir yang keluar bertekstur kental dan lengket.
  • Berbau tidak sedap dan menyengat.
  • Lendir berwarna lebih kekuning-kuningan atau kehijauan, dan bahkan sampai kemerahan atau kecoklatan.
  • Daerah disekitar area vagina berwarna merah dan terasa sangat gatal.

Jika keputihan mengalami perubahan, bisa jadi anda sedang terinfeksi kuman penyakit atau gangguan pada proses kehamilan. Infeksi ini dapat digolongkan menjadi:

  • Infeksi atau peradangan bakteri, parasitm atau jamur, infeksi yang paling sering dialami oleh ibu hamil adalah infeksi jamur.
  • Infeksi virus dari jenis Human Papilloma Virus (HPV) yang dapat menimbulkan kutil-kutil disekitar vagina.
  • Penyakit sifilis atau Gonorhoe (GO) yang ditularkan melewati hubungan seksual.
  • Kanker leher rahim yang ganas.
  • Tanda akan melahirkan, dimana ditandai dengan gumpalan lender yang tebal akibat keluarnya sumbat mulut rahim.

itulah ulasan tentang keputihan pada ibu hamil. Jika anda mengalami keputihan yang normal, anda tidak perlu khawatir karena hal ini hanya disebabkan oleh perubahan aktifitas kelenjar penghasil hormon kehamilan. Keadaan anda ini akan hilang dengan sendirinya begitu bayi anda sudah lahir.

Namun perlu diperhatikan bagi anda yang mengalami keputihan tidak normal, sebaiknya anda segera memeriksakan diri ke dokter untuk dapat menanggulangi masalah anda. Karena keputihan yang tidak normal jika dibiarkan akan beresiko mengganggu kesehatan anda dan juga perkembangan janin anda. Semoga artikel tentang keputihan pada ibu hamil ini bermanfaat .

Apakah Keputihan Pada Ibu Hamil Bisa Terjadi? | Dwi Hendarti | 4.5