Bahaya Kista Sebabkan Kemandulan

Bahaya Kista Sebabkan Kemandulan

 

Bahaya Kista Sebabkan Kemandulan | Rasa nyeri pada bagian perut dan menjalar ke bawah perut mungkin sering diderita oleh sebagian wanita. Hal ini perlu diwaspadai karena itu bisa terjadi karena perenggangan jaringan akibat kista. Tahukah anda apa itu penyakit kista? Apakah kista bisa menyebabkan kemandulan pada wanita? Untuk menjawab permasalahan ini kita akan membahas bersama-sama secara sederhana tapi mudah untuk dipahami. Penyakit ini memang sering sekali dihubungkan dengan kemandulan.

Pengertian Kista

Kista merupakan salah satu penyakit pada reproduksi wanita, biasanya mempunyai bentuk kristik dengan cairan nanah di dalamnya, udara ataupun lainnya. Kista ini sering disebut sebagai tumor jinak di dalam reproduksi wanita. Jika wanita terkena penyakit ini, biasanya adanya pembekakan pada organ reproduksi akibat tumor jinak atau kista ini.

Yang namanya tumor dalam perkembangannya bisa menjadi tumor ganas. Pembesaran jaringan sering dibarengi dengan rasa nyeri pada penderitanya. Rasa nyeri timbul akibat peredaran darah yang tidak lancar dan pendarahan di dalam kista itu sendiri.

Untuk lebih jelasnya mari kita perhatikan dua kategori kista di bawah ini:

1. Kista Jinak (Non-Neoplastik)

Kista ini mempunyai ciri-ciri sifat jinak, seperti benjolan yang ada di alat reproduksi menjadi kecil dan hilang sendiri. Untuk jenis kista ini tidak diperlukan operasi dalam penyembuhannya. Untuk pengobatan rutin biasanya diperlukan waktu 2-3 bulan untuk proses penyembuhannya.

2. Kista Berbaya yang sering disebut Kista Neoplastik

Kista ini sering dalam proses penyembuhannya diperlukan tindakan operasi. Tindakan operasi disesuaikan dengan ukuran benjolan indung telur yang terjangkit kista.

Penderita penyakit kista sering kali disebabkan adanya faktor keturunan. Meskipun dalam beberapa kasus disebabkan karena kurangnya menjaga kebersihan miss v.

bahaya-kista-sebabkan-kemandulan

bahaya-kista-sebabkan-kemandulan

Apa Betul Bahaya Kista Sebabkan Kemandulan ?

Perlu diwaspadai namanya setiap penyakit bila didiamkan akan menjadi sangat berbahaya. Salah satu penanganan yang dianjurkan adalah melalui medis. Seperti halnya Kista ini, pembiayaran yang lama juga dapat menjadi salah satu alat pembunuh bagi penderitanya. Pada umumnya Kista sering menjangkit pada wanita berumur 20-30 tahun. Walaupun tidak menutup kemungkinan penyakit ini diderita oleh wanita di atas atau di bawah umur tersebut.

Pembiaran Kista akan merambah pada proses menstruasi yang tidak normal. Sistem hormon akan terganggu dan akan beresiko penyakit-penyakit tambahan lainnya seperti kanker endometrial, resiko diabetes, kanker payudara, serta darah tinggi. Sungguh berbahaya sekali Sist dan Bunda.

Selain bahaya di atas, ada satu bahaya yang sering ditakuti oleh para kaum wanita yaitu kemandulan. Kemandulan terjadi karena rusaknya penyaluran sel telur. Beberapa masalah lain yang ditimbulkan dapat berupa gagalnya proses ovulasi yang disebabkan pengangkatan Kista yang tidak hanya sekali. Proses operasi yang bertahap dapat menyababkan rusaknya ovarium dan infeksi folikel yang tidak matang.

Setelah membaca begitu bahaya Kista, sebaiknya kita untuk selalu berjaga-jaga sebelum hal tersebut terjadi pada kita. Pencegahan yang dapat dilakukan adalah pola makan terjaga, hindari makanan yang banyak mengandung lemak. Perbanyak makanan yang mengandung serat. Jaga juda psikologis dan pikiran agar lebih terjaga kesehatannya. Hindari merokok dan jaga olahraga. Gunakan produk herbal untuk membantu proses pembersihan organ kewanitaan anda.

Bahaya Kista Sebabkan Kemandulan | Dwi Hendarti | 4.5