Bahaya Mengkonsumsi Minuman Bersoda

Bahaya Minuman Bersoda yang Harus Diketahui

 

Bahaya Mengkonsumsi Minuman Bersoda | Banyak anak-anak dan orang dewasa yang suka mengkonsumsi minuman bersoda untuk melepaskan rasa dahaga dan terutama karena rasanya sangat menyegarkan lidah dan tenggorokan. Apalagi disaat melakukan perjalanan jauh dan panas, minuman ini menjadi lebih nikmat.

Minuman bersoda yang beredar luas dipasaran dan iklanya selalu muncul di televisi seperti Cocacola, Sprite, Fanta, dan lain-lain saking banyak digandrungi oleh semua kalangan, bahkan menjadi minuman harian yang siap saji. Tapi taukah anda bahwa minuman bersoda sangat membahayakan tubuh anda?

bahaya-mengkonsumsi-minuman-bersoda

bahaya-mengkonsumsi-minuman-bersoda

Menurut para ahli, dibalik kenikmatannya minuman bersoda  juga mengancam kesehatan tubuh, diantaranya :

  1. Mengandung CO2, dimana dapat menyebabkan lambung tidak dapat menghasilkan enzim yang sangat penting bagi proses pencernaan. Selain itu juga dapat menyebabkan peniadaan fungsi-fungsi enzim pencernaan yang dihasilkan oleh lambung, proses pencernaan, dan pengambilan sari-sari makanan. Di dalam tubuh akan banyak terdapat CO2 sehingga tubuh akan kekurangan O2 secara normal. Ini terjadi dalam proses dimana jika anda meminumnya bersamaan dengan makan, atau setelahnya.
  2. Dapat menghancurkan vitamin B, dimana kekurangan vitamin B mengakibatkan buruknya pencernaan, lemahnya tingkat kesehatan, tegang syaraf, pusing, sulit tidur, cemas, dan kejang otot. Hal ini dikarenakan dalam 1 kaleng anda mengkonsumsi minuman bersoda sama halnya seperti anda mengkonsumsi 10 sendok gula yang dapat menghancurkan vitamin B di dalam tubuh. Selain itu tentunya akan meningkatkan resiko diabetes dimana hormone insulin tidak sanggup mengubah zat gula menjadi gula otot (glikogen). Akibat diabetes, akan memicu penyakit lain juga seperti stroke dan kerusakan jantung koroner.
  3. Mengandung senyawa asam fosforik, malik, dan karboik yang menyebabkan rapuhnya gigi dan tulang. Dalam penelitian, gigi dan tulang yang direndam dalam air soda selama beberapa hari akan hancur dan larut dalam air soda. Padahal ketika seseorang telah meninggal dan dimakamkan, gigi dan tulang paling lama hancurnya dibanding tubuh bagian lain.
  4. Mengandung kafein yang dapat meningkatkan frekuensi detak jantung, naiknya tekanan dan gula dalam darah, asam lambung meningkat, bertambahnya hormon-hormon yang menyebabkan radang dan terlukanya lambung dan usus dua belas jari. Kafein juga menyebabkan seseorang kecanduan, sehingga orang yang sudah terbiasa mengkonsumsi minuman bersoda akan susah menghentikannya.
  5. Mengandung zat kimia yang dapat merusak kinerja otak, sehingga dapat menyebabkan hilangnya ingatan dalam jangka panjang dan merusak fungsi hati.
  6. Mengingkatkan resiko kanker pankreas, dimana telah dipaparkan di dalam hasil penelitian di Amerika Serikat. 87 % subjek penelitian yang mengkonsumsi minuman bersoda2 kali sehari mengalami resiko kanker pankreas.
  7. Membahayakan ginjal, karena minuman bersoda yang terlalu sering dikonsumsi dapat menghancurkan kerusakan fungsi ginjal di dalam tubuh.
  8. Minuman bersoda mengandung bahan yang sangat keras, sehingga minuman bersoda mampu membersihkan kerak atau karat dari ACCU, kaberator, closet yang sudah kotor, dan lemak membandel.
  9. Membuat perut terasa penuh dan menurunkan keinginan untuk makan makanan yang sehat. Padahal minuman bersoda tidak memberikan gizi apapun bagi anda.
  10. Berdasarkan ahli mikrobiologi dari Hollins University menemukan bahwa minuman bersoda mengandung bakteri e-tinja atau e-coli yaitu bakteri hidup yang berkembang biak di tinja atau fases dimana bakteri tersebut tahan terhadap antibiotik.

Bagi anda yang menjadi penggemar minuman bersoda, anda sudah membaca dampak buruk dari minuman bersoda. Masihkah anda ingin tetap mengkonsumsinya dan membiarkan organ dalam anda rusak secara perlahan-lahan hanya karena kenikmatan lidah semata? Sebaiknya hentikan mengkonsumsi minuman bersoda dan beralihlah dengan minuman yang lebih bermanfaat bagi tubuh anda, seperti mengkonsumsi susu dan yang terpenting  adalah mengkonsumsi air mineral atau air putih yang cukup . selain mudah anda dapatkan juga menyehatkan. Semoga bermanfaat.

Bahaya Mengkonsumsi Minuman Bersoda | Dwi Hendarti | 4.5