Bahaya Merokok Bagi Kesehatan

Bahaya Merokok Bagi Kesehatan

 

Bahaya merokok bagi kesehatan | Rokok dapat dengan mudah kita jumpai dimana-mana. Banyak orang yang sulit memisahkan dirinya dengan rokok, baik dari kalangan pria dan wanita, tua atau bahkan ada anak-anak yang sudah belajar mengenal rokok.

Yang lebih anehnya para anak yang mencoba merokok karena gengsi dan gaya agar lebih dibilang trendi tanpa memikirkan dampak yang terjadi mendatang. Padahal seperti kita ketahui bahwa disetiap kemasan rokok selalu diberi peringatan bahwa merokok dapat menyebabkan kemandulan, kanker, jantung dan bahaya merokok bagi kesehatan lainnya. Namun, peringatan tersebut hanya diabaikan oleh para pecandu rokok.

Rokok merupakan produk legal yang menjadi salah satu penyebab kematian utama di dunia hingga setengah penggunanya. Dalam Survey Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia tahun 2007 menyebutkan bahwa setiap jam sekitar 46 orang meninggal dunia akibat penyakit yang berhubungan dengan rokok.

Kebiasaan rokok dapat mengundang masalah penyakit berbahaya pada perokok. Semakin muda seseorang memulai kebiasaaan merokok, maka semakin besar pula resiko penyakit yang akan ditimbulkan pada masa tua.

Mengapa demikian?

Racun rokok terbesar terletak pada asap rokok yang mengepul dari ujng rokok yang sedang tak dihisap. Hal ini dikarenakan asap yang dihasilkan berasal dari pembakaran tak sempurna pada tembakau. Dalam satu batang rokok mengandng sekitar 7.000 zat kimia, dimana 200 diantaranya bersifat karsinogenik, yaitu zat yang merusak gen di dalam tubuh.

Dari ribuan zat yang terkandung di dalam asap rokok, diantaranya adalah benzene, nikotin, nitrosamine, senyawa amin, aromatikm ammonia, naftalen, oksidan sianida, karbon moniksida benzapirin, dan lain sebagainya. Partikel ini akan mengendap di saluran pernafasan  dan sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Endapan asap rokok juga dapat melekat dengan mudah pada benda di ruangan dan bisa bertahan sampai 3 tahun lamanya dalam keadaan yang tetap berbahaya.

bahaya-rokok-bagi-kesehatan

                                            bahaya rokok bagi kesehatan

Ketika gen di dalam tubuh rusak akibat zat yang terkandung dalam rokok tersebut, dapat memicu terjadinya penyakit berbahaya seperti berbagai macam kanker diantaranya kanker paru, kanker mulut, kanker nasofarings, pancreas, ginjal, kemih, rahim, emfisema, dan bronchitis kronik. Selain dapat menyebabkan berbagai jenis kanker, rokok juga dapat memicu timbulnya aterosklerosis atau pengerasan pembuluh darah seperti jantung, hipertensi, stroke, dan kemandulan.

Berikut merupakan bahaya merokok bagi kesehatan:

  1. Meningkatkan resiko kanker, seperti kanker perut, kanker limva, kanker darah, dan lain-lain. Bagi wanita dapat menyebabkan haid tidak normal dan resiko kanker payudara. Ini dikarenakan rokok mengandung kadar 1,3-Butadine, yaitu bahan kimia yang digunakan untuk membuat dan mengawetkan karet.
  2. Menyebabkan leukemia, karena rokok mengandng zat Benzene yang sebenarnya hanya digunakan untuk memproduksi bahan kimia lainnya.
  3. Meningkatkan resiko katarak yang membuat penderita sulit melihat.
  4. Menyebabkan diabetes dan lebih sulit dalam mengontrol kadar gula di dalam darah.
  5. Meningkatkan tekanan darah, denyut jantung tidak teratur, penyempitan pembuluh darah, dan menghambat aliran darah ke jantung. Hal ini dikarenakan zat nikotin yang terkandung di dalam rokok yang sangat adiktif dan berbahaya bagi kesehatan tubuh.
  6. Menyebabkan penyakit stroke
  7. Perempuan hamil yang merokok atau yang hanya sekedar menghisap asap rokok cendrung melahirkan bayi secara premature dan bayi keluar dengan bobot yang rendah. Bayi yang dilahirkan beresiko cacat, dan dapat menyebabkan keguguran.
  8. Memiliki kandungan tar yang dapat menempel pada paru-par, serta menimbulkan warna coklat pada gigi dan kuku.
  9. Menyebabkan kerusakan ginjal dan lapisan pembuluh darah arteri, serta mengganggu perbaikan DNA. Hal ini karena rokok mengandung zat Kadmium yaitu logam yang biasa digunakan untuk membuat baterai.
  10. Mengakibatkan impotensi dan kemandulan.

Itulah beberapa gambaran sedikit mengenai bahaya merokok bagi kesehatan. Sebenarnya masih banyak lagi bahayanya yang belum bisa saya jabarkan semuanya karena begitu banyaknya zat kimia berbahaya yang terkandung di dalam asap rokok, yang mana zat berbahaya tersebut tentunya mengandung efek negative bagi kesehatan tubuh.

Semoga dengan mengetahui dampak negatif dari merokok akan mengurangi para pecandu rokok. Sayangilah kesehatan anda sebelum terlambat. Semoga bermanfaat.

Bahaya Merokok Bagi Kesehatan | Dwi Hendarti | 4.5