Beberapa Penyebab Kista Ovarium Terjadi

Penyebab Kista Ovarium | Kista ovarium merupakan tumor jinak yang berupa kantung abnormal yang berisi cairan atau setengah cairan yang tumbuh di dalam indung telur (ovarium). Pada dasarnya di dalam diri setiap wanita memiliki kista. Kebanyakan kista tidak berbahaya, namun ada beberapa jenis kista yang dapat menimbulkan masalah pada wanita seperti mengakibatkan ketidaknormalan siklus menstruasi pada wanita yang menderitanya, menghalangi kesuburan, dan merasakan sakit yang luar biasa seperti jika kista pecah.

Setiap wanita memiliki dua ovarium yang menyimpan dan melepaskan telur. Letaknya disebelah kanan dan kiri rahim. Ukuran pada masing-masing ovarium sebesar biji kenari. Setiap bulan, sat ovarium menghasilkan satu sel telur. Telur tumbuh di dalam ovarium sampai hormone estrogen yang mana akan mulai mempersiapkan diri untuk telur. Pada saat gilirannya, lapisan dinding rahim akan menebal dan mulai mempersiapkam untuk implantasi telur yang dibuahi untuk menghasilkan kehamilan. Siklus ini terjadi setiap bulan dan akan berakhir ketika telur tidak dibuahi. Periode inilah yang disebut periode menstruasi.

Kista ovarium biasanya terjadi pada wanita diusia 20 – 30 tahun. Kista ini tergolong jinak dan tidak akan berubah menjadi kanker ganas. Kista ini akan hilang dengan sendirinya tanpa harus dilakukan pengobatan.

penyebab kista ovarium

penyebab kista ovarium

 

Namun, jika kista ovarium terus membesar dan besarnya lebih dari 4 cm maka tim medis akan melakukan tindakan pengangkatan atau operasi. Kista yang berukuran lebih dari 4 cm akan beresiko terpuntir. Untuk meyakinkan ukurannya, dapat dilakukan dengan USG pada saat menstruasi.

Faktor penyebab kista ovarium

  1. Keturunan, seperti keturunan dari ibu atau nenek yang menderita jenis kista serupa.
  2. Menstruasi yang datang lebih awal (kurang dari 12 tahun)
  3. Siklus menstruasi yang tidak teratur
  4. Peningkatan lemak tubuh bagian atas
  5. Ketidakseimbangan hormon indung telur
  6. Tamoxifen yaitu terapi untuk kanker payudara

Mencegah tentunya lebih baik daripada mengobati. Untuk mencegah membesarnya kista ovarium dapat anda lakukan dengan berolahraga secara teratur, menjalankan pola hidup yang sehat seperti makan makanan yang mengandung 4 sehat 5 sempurna dan hindari makanan yang mengandung bahan pengawet. Bagi pasangan yang sudah menikah, usahakan agar hamil sesegera mungkin untuk mencegah pembentukan kista. Dan yang tak kalah penting adalah rutin memeriksakan diri ke dokter. Demikianlah beberapa penyebab kista ovarium bisa terjadi, Semoga bermanfaat.

Beberapa Penyebab Kista Ovarium Terjadi | Dwi Hendarti | 4.5