Cara Mendidik Anak yang Baik Bag. 1

Cara Mendidik Anak yang Baik | Anak merupakan harapan dan tumpuan para orang tua dalam meneruskan keturunan. Semua orang tua tentunya mendambakan anak yang baik, cerdas, dan penurut terhadap orang tua. Untuk membentuk karakter anak yang demikian tentu adalah tugas dari para orang tua. Orang tua harus dapat memberikan bimbingan serta arahan yang tepat pada si buah hati agar kelak menjadi manusia yang baik dan berakhlak mulia.

Lantas bagaimana caranya agar anak tumbuh menjadi seseorang yang sesuai harapan kita?

Secara teori memang sangat gampang, tapi pada kenyataannya tidak semua orang tua berhasil.’

Anak ibarat kertas masih sangat putih bersih dan mudah menerima pelajaran hidup dari lingkungan luar. Semua yang dia dengar dan lihat akan sangat mudah untuk ditiru. Usia 0 tahun merupakan masa-masa kritis untuk perkembangan otak si buah hati. Dimana pada masa ini anak mengalami masa keemasan dalam perkembangan otaknya yang terjadi dengan cepat dan pesat. Pada masa ini pula otak anak mampu menyerap pengalaman 3 kali lebih cepat dari anak usia 3 tahun ke atas.

Tingkat keberhasilan anak ditentukan oleh seberapa efektif masing-masing orang tua dalam memberikan bimbingan terhadap anak. Jika kita salah dalam mendidik anak, maka karakter anak yang tumbuh tidak akan sesuai harapan kita.

cara mendidik anak yang baik

cara mendidik anak yang baik

Berikut merupakan tips tentang cara bagaimana mendidik anak yang baik dan efektif:

  1. Tumbuhkan rasa ingin tau anak

Usia anak-anak merupakan usia dimana anak selalu ingin tau dan belajar melihat dari lingkungan sekitarnya. Keingintahuan anak membuat dia akan terus bertanya kepada anda. Berilah jawaban selogis mungkin. Jelaskan hingga anak benar-benar paham. Hindari berbohong pada anak. Jika anda tidak tau lebih baik anda berusaha memberikan jawaban dengan browsung di internet dan bertanya pada rekan anda daripada anda harus berbohong. Jika anak anda merupakan tipe anak yang tidak suka bertanya, pancinglah dia dengan memberikan penjelasan tanpa menunggu dia bertanya. Hal ini tentunya akan menambah wawasan anak.

  1. Tumbuhkan rasa sosial

Sejak dini ajarkan buah hati anda agar memiliki jiwa sosial tinggi sebagai makhluk sosial, misalnya dengan bermain bersama teman-temannya, saling berbagi, dan saling memaafkan. Sehingga anak tau bagaimana cara bergaul yang baik dan benar, dapat saling memberi misalnya dari hal yang kecil yaitu berbagi makanan dan meminjamkan mainan kepada temannya sehingga anak terhindar dari sifat pelit, dan tidak mudah marah sehingga muncul sikap saling memaafkan. Beri anak penjelasan agar anak dapat hidup bersosialisasi dengn baik.

  1. Hargai pendapat anak

Ketika anak anda berani mengeluarkan pendapat, maka hargailah pendapat anak. Jadilah pendengar yang baik ketika anak anda memberikan tanggapan atas apa yang dia lihat, dengar, dan rasakan. Hindari sikap langsung acuh dengan pendapat anak dan menganggap “hanya pendapat anak kecil”. Walaupun terkadang pendapat anak dirasa kurang tepat, anda tidak harus menyalahkan pendapat anak karena hal ini akan membuat anak merasa tidak dihargai sama sekali oleh anda sehingga anak akan memiliki sifat minder dalam berpendapat dan menjadi anak yang tertutup terhadap anda.

Jika anak anda termasuk tipe yang tidak suka berkomentar, anda dapat memancig dengan memberikan pertanyaan sehingga anak anda dapat memberikan tanggapan. Arahkan pendapatnya sehingga tertanam pada jiwa anak memiliki pendapat yang berbobot dikemudian hari saat anak tumbuh dewasa.

Demikian artikel tentang cara mendidik anak yang baik bagian 1. Silahkan klik cara mendidik anak yang baik bagian 2 untuk melanjutkan.

Cara Mendidik Anak yang Baik Bag. 1 | Dwi Hendarti | 4.5