Cara Mengatasi Keputihan yang Sering Membandel

Cara Mengatasi Keputihan

 

Apakah miss V anda sering mengeluarkan keputihan seperti lendir putih yang berbau tidak sedap dan gatal?

Jika miss V sering mengalami hal demikian, itu menandakan bahwa miss V anda sedang bermasalah. Karena pada dasarkan miss V sangat rentan terhadap beberapa penyakit. Secara garis besar hal ini bisa didasarkan karena gaya hidup yang tidak sehat, perubahan aktifitas, dan stress sehingga miss V anda  mengeluarkan Fluor Albus atau lebih dikenal dengan keputihan.

Fluor albus merupakan infeksi yang disertai dengan rasa gatal di dalam vagina  dan sekitar luar dan disertai dengan keluarnya cairan berwarna kekuningan atau putih kelabu. Penyebab timbulnya keputihan biasanya dikarenakan oleh jamur, bakteri, virus, dan parasit.

Seperti telah kita bahas pada ulasan sebelumnya bahwa ada 2 jenis keputihan; yaitu normal dan tidak normal. Bagi wanita yang memiliki gejala keputihan tidak normal dan hanya membiarkannya sajatanpa memberikan pengobatan, maka jamur, bakteri, virus, dan parasite akan terus berkembang. Dikhawatirkan hal tersebut mengancam bahkan dapat membahayakan kondisi kesehatan miss V, apalagi sampai menyerang bagian serviks. Pencegahan dini merupakan solusi awal anda untuk mengatasi keputihan tidak normal.

cara mengatasi keputihan
cara mengatasi keputihan

Cara mengatasi keputihan dapat dilakukan secara alami dan menggunakan produk aman.

Cara alami

  1. Menggunakan pembalut yang tepat

Saat wanita sedang datang bulan, pembalut selalu menjadi teman untuk dipakai. Cara yang sangat mudah karena pembalut dapat menyerap darah agar tidak tembus kemana-mana. Tapi taukah anda bahwa pembalut yang salah justru memicu timbulnya keputihan? Pilihlah pembalut yang mengandung bantalan berkualitas seperti yang mengandung bahan herbal alami. Karena umumnya pembalut yang murah dan dijual bebas diwarung-warung mengandung pemutih. Dan yang terpenting gantilah pembalut setiap 4 jam sekali.

  1. Menghindari penggunaan sabun berbahan kimia

Pembersih wanita yang umum dengan berbagai merk yang banyak dijual bebas di pasaran kebanyakan mengandung bahan kimia di dalamnya. Hal ini tentu berefek untuk kesehatan miss V kaum wanita karena dapat mengubah keasaman normal vagina sehingga dapat menimbulkan infeksi.

  1. Bersihkan miss V secara tepat dan teratur

Gunakan air bersih untuk membersihkan miss V. Biasakan membersihkan miss V secara teratur seperti sehabis mandi pagi dan sore, dan juga membersihakan setelah buang air kecil dan besar. Ketika membersihkan miss V usahakan dari arah depan ke belakang (dari arah vulva ke anus). Hal ini bertujuan untuk mencegah masuknya bakteri dan kuman dari anus.

  1. Konsumsi makanan dan minuman yang mengandung gizi seimbang

Pola makan dan minum yang sehat sangat berpengaruh terhadap kesehatan miss V anda. Salah pilih makanan dan minuman akan mengakibatkan miss V mengalami gangguan kesehatan. Hindari makan yang terlalu manis. Seperti kita tau nanas dan mentimun juga bermanfaat bagi tubuh namun bila dikonsumsi wanita dalam jumlah yang berlebih dapat meningkatkan resiko keputihan. Hindari pula minuman yang mengandung soda seperti softdrink dan alcohol karena dapat meningkatkan pertumbuhan jamur candida.

  1. Hindari penggunaan celana kentat

Usahakanlah menggunakan celana yang longgar agar udara dapat bebas masuk. Hal ini bertujuan mencegah kelembaban area miss V. Sebaiknya gunakan celana dalam berbahan katun atau terbuat dari serat bambu karena dapat menyerap keringat dengan mudah.

  1. Daun sirih

Daun sirih memiliki kandungan minyak terbang (batlephenol) dan kandungan kavinol yang berguna untuk mematikan kuman kandungan antioksidan dan anti jamur. Dari zaman dulu nenek moyang kita sudah menggunakan daun sirih untuk membersihkan miss V. Caranya dengan mengambil 10 helai daun sirih dan campurlah dengan kurang lebih 2 liter air, rebuslah dan dinginkan. Air rebusan tadi digunakan untuk membasuh seluruh bagian kewanitaan.

  1. Konsumsi bawang putih

Selain sebagai bumbu masak, ternyata bawang putih dipercaya mempunyai khasiat kesehatan. Bawang putih memiliki sifat antibakteri, anti kulat, dan anti virus yang dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan bakteri, jamur, dan virus. Perbanyak mengkonsumsi bawang putih dapat mencegah keputihan.

  1. Olahraga teratur dan hindari stress

Dengan berolahraga secara teratur, tubuh menjadi sehat. Pada tubuh yang sehat, daya tahan tubuh akan lebih kuat sehingga dapat menghambat pertumbuhan virus, bakteri, ataupun jamur di dalam tubuh. Selain itu hindari stress. Udahakan agar anda selalu dalam keadaan rilex. Jika anda stress maka daya tahan tubuh akan menurun.

 Selain cara di atas, akan lebih baik lagi apabila disertai dengan  menggunakan crystal x.

 Jika anda memasuki masa monopouse namun anda tetap mengalami keputihan, maka segeralah anda periksakan kesehatan miss V anda karena dikhawatirkan anda terkena kanker serviks atau kanker mulut rahim.

Semoga artikel tentang cara mengatasi keputihan bermanfaat untuk semua :).

Cara Mengatasi Keputihan yang Sering Membandel | Dwi Hendarti | 4.5