Cara Mengatasi Kulit Kering Saat Hamil

CARA MENGATASI KULIT KERING SAAT HAMIL

 

Cara Mengatasi Kulit Kering Saat Hamil | Saat ibu sedang hamil, banyak sekali perubahan yang terjadi pada ibu hamil. Baik dari perubahan fisik maupun mental. Perubahan fisik yang terjadi salah satunya adalah perubahan pada kulit, dimana kulit dapat berubah menjadi lebih lembut dan bersinar sehingga membuat ibu hamil tampil lebih segar dan mempesona. Namun, ada pula ibu hamil yang mengalami kekeringan pada kulit. Semua itu dipengaruhi oleh hormon.

Hormon bertanggung jawab atas hilangnya minyak dan elastisitas kulit. Tidak bisa dipungkiri bahwa setiap wanita ingin selalu tampil cantik dan menawan, namun saat kehamilan berlangsung semuanya dapat berubah. Memang benar kehamilan itu memerlukan pengorbanan, dimana dapat mempengaruhi perubahan pada kulit yang menjadi kering dan kusam, wajah menjadi berminyak dan berjerawat, fisik kurang sehat, dan lain-lain, namun hal tersebut dapat kita menimalisir dengan berbagai upaya.

Berikut beberapa cara yang dapat digunakan dalam meminimalisirkan kulit kering bagi ibu hamil:

  1. Perbanyak minum air minimal 2 liter perhari. Hal ini disamping untuk mencegah kekeringan pada kulit sekaligus menghindarkan anda dari dehidrasi.
  2. Gunakan krim pelembab pada tubuh terutama saat musim kemarau.cara-mengatasi-kulit-kering-saat-hamil
  3. Gunakan air hangat kuku saat mandi. Hindari air yang terlalu panas karena selain dapat mengganggu kesehatan janin, juga dapat menghilangkan minyak alami pada kulit.
  4. Jangan menggunakan sabun yang mengandung deodorant karena dapat menghilangkan kelembaban kulit.
  5. Tambahkan bath oil ke dalam air hangat secukupnya ke dalam bak mandi anda.
  6. Waktu mandi maksimal 15 menit. Jika terlalu lama terkena air kulit akan menjadi kering.
  7. Perbanyak mengkonsumsi sayur dan buah-buahan,seperti kacang-kacangan, zaitun, dan alpukat.
  8. Gunakan masker 1 minggu sekali untuk menghindari kulit kering dan kusam pada bagian wajah.
  9. Pada bagian daerah yang rawan kering seperti siku, tumit, dan lutut dapat anda gunakan salep yang mengandung vitamin A dan D.

Itulah beberapa cara yang dapat ibu hamil lakukan dalam menjaga kelembaban kulit sehingga kulit Nampak sehat walaupun sedang dalam masa hamil. Namun sebaiknya ibu hamil tetap selektif dalam menentukan kosmetik yang digunakan. Hindari penggunaan kosmetik berbahan kimia yang dapat menyerap melalui pori-pori tubuh. Karena jika tubuh menyerap zat kimia tersebut, akan dapat mengganggu perkembangan janin di dalam rahim. Semoga bermanfaat.

Cara Mengatasi Kulit Kering Saat Hamil | Dwi Hendarti | 4.5