4 Cara Mengatasi Suami Marah Sampai Berkata Kasar

Cara Mengatasi Suami Marah Sampai Berkata Kasar

 

Cara Mengatasi Suami MarahSaat anda bermasalah dengan suami dan suami melontarkan kata-kata kasar, apa yang ada dalam bayangan anda? Apakah anda ingin berteriak untuk meluapkan kekesalan anda, menangis, atau bahkan berlari untuk mengadukan kepada orang tua? Etss…stop! Buang jauh-jauh pikiran negatif seperti itu. Jangan panik ! Usahakan dulu untuk lebih bersabar. Jangan langsung merasa rendah diri dan sakit hati.

Suami juga manusia yang terkadang bisa berbuat salah. Setiap masalah ada solusinya. Begitu pula dengan masalah rumah tangga yang membuat suami anda kadang tak bisa menahan amarahnya sehingga mengeluarkan kata-kata yang tidak enak di dengar.

Berikut ini cara-cara mengatasi suami marah sampai berkata kasar:

  1. Bersikap tenang

Walaupun agak sulit, tapi usahakan agar anda tetap bersikap tenang. Jangan mudah terpancing emosi atau bahkan sakit hati mendengar perkataan suami yang tidak mengenakan. Usahakan agar anda tidak membantah perkataannya apalagi sampai menyerang balik perkataan kasarnya, karena hal tersebut akan menambah deretan masalah.

Kalau sudah seperti itu, ego masing-masing akan muncul karena merasa tidak terima atas perkataan kasar yang telah dilontarkan seperti lemparan granat.

Belajar untuk lebih bersabar sehingga mencegah pertikaian berlanjut memanas. Bersikap sabar dalam menghadapi suami bukanlah menunjukkan sikap yang lemah, akan tetapi justru menjadi peneduh bagi suami.

  1. Tidak memaksakan penjelasan suami saat itu juga

Jangan paksa suami anda untuk menjelaskan alasan dia marah sampai melontarkan kata-kata kasar. Sebaiknya anda diam saja walaupun anda benar. Saat pria sedang marah, pria identik akan sangat kesal jika ditentang apalagi dipaksa oleh istri walaupun kesalahan tersebut bukanlah kesalahan anda.

Jika suami masih mendiamkan anda seusai melontarkan perkataan kasar, stop untuk terus merengek kepadanya dan mengejarnya dengan pertanyaan “Apa salahku kepadamu? Mengapa kamu seperti ini kepadaku?” Biarkan suami anda lebih tenang dulu. Karena berbicara dengan suami yang sedang panas hanya akan mengacaukan situasi.

cara mengatasi suami marah

  1. Tanyakan penyebab suami marah seperti itu

Anda bisa menanyakan penyebab kemarahan suami tadi setelah dia benar-benar reda. Bisa keesokan harinya atau waktu yang tepat. Setidaknya anda sudah bisa membaca suasana hatinya yang sudah tenang. Menanyakan penyebab amarah suami juga perlu untuk terus menjaga komunikasi sehingga kesalahan yang sama tidak akan terjadi lagi dikemudian hari. Hanya saja waktu bertanya yang harus anda atur.

Sebelum anda bertanya, ada baiknya anda buatkan dia hidangan yang nyaman dan dia sukai terlebih dahulu sehingga suami bisa lebih nyaman. Gunakan pertanyaan dengan tutur kata yang lemah lembut sehingga pertanyaan anda tidak menyakiti perasaannya.

Bisa jadi dengan kelembutan tutur kata anda, walaupun telah mendapat perlakuan kasar darinya akan membuat suami sadar dan luluh dengan anda. Selesaikan masalah bersama-sama dan berikan solusi terbaik. Kalau perlu beri perhatian lebih dekat lagi n-akibat kurangnya perhatian dari sang istri.

  1. Ucapkan kata maaf

Jika emosi suami akibat kesalahan anda, jangan segan-segan untuk melontarkan kata maaf. Buang jauh-jauh sikap gengsi untuk meminta maaf dengan pasangan anda. Apalgi kesalahan itu murni dipicu dari anda.

Tak hanya berkata maaf saja, ajak suami diskusi agar memberikan solusi kepada anda sehingga anda tidak melakukan kesalahan yang sama lagi. Diskusi semacam ini akan membuat hubungan anda dan suami lebih dekat. Terlebih-lebih suami akan merasa dianggap sebagai pemimpin dalam rumah tangga.

Begitu pula dengan masalah yang datangnya dari suami, istri yang baik tidak perlu merasa sok menyalahkan suami saja. Tanpa disalah-salahkan pun suami anda sebenarnya sadar bahwa dirinya salah. Anda hanya cukup mengucapkan kata-kata lembut dan bilang bahwa anda mencintainya sehingga merasa tidak nyaman jika suami berkata kasar dengan anda.

Apalagi mulai sekarang anda akan lebih memperhatikannya. Saya rasa perkataan semacam itu akan menenangkan hatinya. Memang sudah menjadi kodrat laki-laki untuk selalu ingin dipatuhi dan dihargai oleh keluarganya.

Nach, itulah tadi ke-4 cara mengatasi suami marah yang dapat anda lakukan saat suami mengeluarkan kata-kata kasar terhadap anda. Mempunyai istri yang sabar dalam menghadapi suami adalah keinginan terbesar suami. Karena dari sikap sabarlah, suami merasa sejuk saat berada di dekat istri. Semoga bermanfaat!

4 Cara Mengatasi Suami Marah Sampai Berkata Kasar | Dwi Hendarti | 4.5