Cara Menghilangkan Jerawat

Cara Menghilangkan Jerawat | Wanita ingin selalu tampil dan memiliki wajah yang bersih. Namun, hal tersebut kadang terhambat akbiat munculnya jerawat yang mengganggu. Jerawat bukanlah jenis penyakit yang membahayakan kesehatan. Akan tetapi, jerawat yang muncul akan sangat mengganggu terutama muncul di bagian wajah. Hal ini dapat membuat minder penderitanya terutama bagi wanita yang senang dandan. Pada umumnya, jerawat mempunyai ukuran kecil dan ketika jerawat sudah hilang, akan meninggalkan bekas noda yang menghitam. Hal ini tentunya sangat ditakuti oleh kaum wanita khususnya, karena bintik hitam tersebut menodai kecantikan dan kelembutan kulit wajahnya.

Jerawat bisa muncul akibat beberapa faktor, diantaranya:

  1. Produksi minyak yang berlebihan
  2. Adanya sumbatan lapisan kulit mati pada pori-pori yang terinfeksi
  3. Kotoran yang menempel dan masuk ke pori-pori
  4. Adanya iritasi pada kulit
  5. Faktor keturunan
  6. Faktor hormonal ketika anak tumbuh menjadi remaja
  7. Faktor stress
  8. Salah menggunakan kosmetik
  9. Pengaruh alat kontrasepsi, seperti pil KB, suntik, dan lainnya.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan dalam mengobati jerawat, salah satunya adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan herbal alami yang ada disekitar kita. Ada 2 cara yang dapat dilakukan untuk  menghilangkan jerawat secara alami yaitu:

  1. Menghilangkan jerawat dari dalam
  2. Menghilangkan jerawat dari luar

cara-menghilangkan-jerawat

Cara Menghilangkan Jerawat dari Dalam

1. Makan Buah dan Sayur

Pola hidup yang sehat yaitu dengan makan buah dan sayuran seimbang akan melarutkan lemak jahat yang menempel pada tubuh. Kadar minyak yang dihasilkan oleh tubuhpun berkurang. Selain tubuh menjadi sehat lemak tubuh di kulit juga ikut keluar sehingga kulit bebas dari jerawat.

2. Jauhi makanan berlemak.

Makanan berlemak jika dikonsumsi secara berlebihan akan menyebabkan penumpukan lemak di dalam tubuh sehingga produksi minyak meningkat. Hal tersebut juga akan berdampak pada kulit yang membuat kulit berminyak dan akan menyumbat pori-pori dikulit dan membentuk gumpalan yang mengundang bakteri propionibacterium acnes, yaitu bakteri penyebab jerawat.

3. Perbanyak minum air putih.

Air putih berkhasiat menjaga metabolism tubuh dan membantu regenerasi sel kulit. Dengan demikian, akan dapat membantu membersihkan kotoran dalam tubuh yang dapat menyebabkan munculnya jerawat. Air putih sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh maupun kulit.

Cara Menghilangkan Jerawat dari Luar

1. Putih telur

Putih telur selain berguna untuk mengencangkan kulit muka, juga dipercaya mampu menghilangkan jerawat membandel secara alami. cara penggunaanya yaitu dengan mengocok putih telur sampai berbusa, kemudian oleskan secara merata keseluruh permukaan wajah sambil dipijat pelan. Diamkan sampai benar-benar kering, lalu basuh muka dengan air bersih dan lakukan ini secara rutin.

2. Jeruk nipis

Jeruk nipis mempunyai kandungan citric acid yang mampu mengangkat sel kulit mati secara alami akibat jerawat. Oleskan perasaan air jeruk nipis secara merata ke seluruh permukaan kulit. Anda juga dapat membuat ramuan dengan menambahkan sedikit air mawar atau anda menambahkan sedikit madu. Aduk merata dan leskankan secara perlahan dan diamkan sampai 15 menit. Kemudian bilas dengan air hangat.

3. Tomat

Tomat selain digunakan untuk mencampurkan masakan, juga dapat menghilangkan jerawat. Tomat memiliki kandungan vitamin A dan C yang bermanfaat menghilangkan jerawat tanpa efek samping. Cara penggunaanya sangat mudah, iris tomat secukupnya dan tempelkan atau oleskan pada wajah yang berjerawat, diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih.

Demikianlah cara menghilangkan jerawat secara alami. Pengobatan dapat anda lakukan dengan pengobatan dari dalam ataupun luar. Anda dapat melakukannya dengan mudah tanpa menguras biaya sangat mahal dan dapat dilakukan di rumah, karena bahan yang digunakan sangat mudah di dapatkan bahkan sering tersedia di dalam rumah anda. Bahan alami tidak berefek samping dan sudah terbukti asalkan anda lakukan secara konsisten. Semoga bermanfaat.

Cara Menghilangkan Jerawat | Dwi Hendarti | 4.5