6 Cara Meredakan Demam Anak Secara Alami

Cara Meredakan Demam Anak Secara Alami

 

Cara Meredakan Demam Anak | Demam sering sekali menyerang anak-anak. Tanpa diketahui penyebab pastinya, tiba-tiba anak kita mengalami demam. Saat anak mulai demam, tentunya kita sebagai orang tua akan mulai mengkhawatirkan keadaan anak kita.

Obat pereda demam sangat mudah kita dapatkan di apotik, mulai dari harga yang murah hingga mahal. Namun kebanyakan dari orang tua menghindari menggunakan obat kimia terlebih dahulu dan hanya akan menggunakannya apabila demam anak tinggi.

Mereka tahu bahwa obat yang mengandung bahan kimia, sedikit banyaknya memiliki efek samping. Terutama bila diberikan tidak sesuai dengan dosis yang tepat. Bahkan disetiap kemasan obat kimia selalu ada penjelasan tentang efek samping. Melihat efek samping yang demikian, para orang tua lebih memilih cara dalam mengatasi demam buah hati mereka dengan cara alami terlebih dahulu.

cara-meredakan-demam-anak secara alami

                                      cara-meredakan-demam-anak secara alami

Bagi buah hati anda yang sedang mengalami demam yang tidak terlalu tinggi, tidak ada salahnya anda mencoba beberapa cara alami untuk mengatasi demam anak, diantaranya:

  1. Kompres

Dari zaman dulu, cara inilah yang sering dilakukan oleh para orang tua dalam mengatasi demam secara alami karena dianggap mudah dan sangat efektif. Anda dapat mengompreskan dahi anak anda dengan menggunakan anduk yang anda basahi dengan air dingin. Sekarang juga sudah ada tersedia alat kompres yang dijual di apotik. Kompresan ini akan membantu menurunkan panas anak, sehingga anak menjadi lebih nyaman.

  1. Pijat dengan bawang merah

Bawang merah diparut dan campurkan parutan bawang merah dengan minyak telon. Jika minyak telon dirasa memiliki panas yang keras bagi anak anda, anda dapat menggantinya dengan minyak kelapa. Kemudian tambahkan perasan jeruk nipis. Namun jika anda tidak mendapati jeruk nipis dapat diganti dengan asam jawa. Aduk ramuan tersebut dan pijatkan pada tubuh anak, terutama pada bagian punggung, dada, dan  perut anak.

  1. Minum yang banyak

Salah satu penyebab dari demam adalah dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. Kontrolah anak anda agar minum lebih banyak.  Anda juga dapat memberikan minuman hangat seperti wedang jahe, teh hangat, jus buah tanpa es, dan madu. Berilah anak anda makanan yang berkuah, misalnya sop, sayur bening, dan lain sebaginya. Cairan yang masuk akan membantu meredakan demam anak.

  1. Mandikan dengan air hangat

Jika suhu tubuh anak anda sedang hangat, anda dapat memandikannya dengan menggunakan air hangat atau ruam-ruam kuku. Tambahkan sedikit garam atau lavender oil untuk membuat tubuh sikecil menjadi lebih nyaman. Jangan memandikan anak anda menggunakan air yang dingin karena anak akan menggigil kedinginan.

Apabila anak anda memiliki suhu panas yang tinggi, jangan mandikan anak anda. Cukup dengan melap tubuhnya menggunakan handuk yang dibasahi dengan air hangat dan dilapkan keseluruh tubuh anak.

  1. Tingkatkan daya tahan tubuh anak

Berilah anak anda makanan yang bergizi tinggi agar daya tahan tubuh anak menjadi lebih kuat. Demam pada anak akan membuat selera makannya menurun, jadi pastikan makanan yang masuk benar-benar memiliki nilai gizi tinggi, seperti sayuran dan buah-buahan segar.

  1. Istirahat

Saat anak sedang sakit, usahakan agar anak lebih banyak istirahat. Banyak istirahat akan membantu meredakan demam anak. Apabila anak yang sedang sakit banyak beraktifitas, akan membuat anak cepat lelah sehingga suhu tubuh akan mudah meningkat.

Apabila anak tidak ingin tidur, anda dapat memutarkan anak film kesukaannya yang tentunya film tersebut bersifat mendidik. Anak anda dapat menonton sambil rebahan. Sehingga anak tidak akan banyak beraktifitas.

Jadikan cara meredekan demam anak ini sebagai alternatif

Itulah 6 tips atau cara meredakan demam anak yang dapat anda lakukan dalam menanggulangi demam pada buah hati. Semoga bermanfaat.

6 Cara Meredakan Demam Anak Secara Alami | Dwi Hendarti | 4.5