Ciri Ciri Kista Rahim yang Perlu Diketahui

Ciri Ciri Kista Rahim

Ciri Ciri Kista Rahim | Kista merupakan penyakit yang menyerang kaum wanita. Penyakit ini biasa menyerang wanita menjelang masa menopause dan juga pasca menopouse, namun tidak menutup kemungkinan wanita yang masih muda juga dapat terkena penyakit kista. Selain itu pada wanita yang menjalani terapi sulih hormon juga beresiko terserang penyakit kista.

Kista adalah suatu tumor jinak yang berbentuk kantung kecil yang berisi cairan dan mampu berkembang di dalam indung kantung wanita (ovarium). Berdasarkan tingkat keganasannya, penyakit kista dibagi menjadi 2 jenis, yaitu:

  1. Kista non-neoplastik

Kista jenis ini merupakan kista yang memiliki sifat jinak dan dapat mengempes dengan sendirinya dalam waktu 2 -3 bulan. Kista rahim wanita yang fisiologis berdiameter kurang dari 5cm. Setelah 3 bulan perlu diamati perkembangannya untuk memastikan jenis kistanya. Jika mengempes berarti tidak berbahaya.

  1. Kista neoplastic

Kista jenis ini bisa terbentuk sendiri dan bukan dipengaruhi oleh ovulasi. Kista jenis ini sangat jarang menyerang wanita dan merupakan kista yang bisa membahayakan penderitanya sehingga perlu diwaspadai dan membuthkan penanganan lebih lanjut. Kista non-neoplastik dan neoplastic dapat dibedakan berdasarkan diameternya. Biasanya dapat diketahui dengan melakukan pemeriksaan USG.

ciri-ciri-kista-rahim

ciri-ciri-kista-rahim

 

Kista yang berukuran sekitar 15 cm dan ukuran ini dapat meluruhkan rahim. Untuk kista yang sudah beukuran seperti ini, biasanya dokter akan mengambil tindakan operasi untuk mengangkat penyakit ini.

Kista dapat menimbulkan gangguan kesehatan seperti nyeri saat menstruasi dan dapat menimbulkan masalah yang baru seperti misalnya kista yang pecah, pendarahan, hingga batang ovarium yang melilit, dan gangguan pada kehamilan.

Kenali ciri-ciri kista rahim untuk lebih waspada

Secara spesifikasi, ciri ciri  kista rahim yang akan dirasakan oleh penderita:

  1. Nyeri perut bagian bawah
  2. Haid yang sangat banyak dan justru sangat sedikit
  3. Nyeri perut yang hebat dan diserta mual dan muntah
  4. Nyeri pada bagian ketiak menjelang menstruasi
  5. Sering merasa ingin buang air kecil atau besar karena jaringan kista yang semakin membesar akan terus menekan kandung kemih sehingga tidak bisa menahan air kemih yang banyak.
  6. Pada kista yang membesar akan terjadi benjolan di perut dan dapat diraba.
  7. Rasa sakit seperti digigit semut pada bagian perut kiri dan kanan secara bergantian.
  8. Pendarahan vagina yang hebat dan tidak teratur.
  9. Mengalami perubahan pada pola haid, misalnya terlambat haid atau pendarahan diantara periode haid.
  10. Sakit pada bagian pinggang belakang.
  11. Sakit saat berhubungan intim.
  12. Jika kista pecah, misalnya akibat berhubungan seksual maka penderita akan merasa nyeri bertambah saat melakukan aktifitas rumah yang berhubungan dengan fisik.

Karena kista dapat menyerang siapa saja, sebaiknya mencegah lebih baik daripada mengobati. Bagi wanita sebaiknya hindari makanan atau minuman yang mengandung bahan pengawet, olahraga teratur, serta makan makanan yang sehat.

Selain itu, untuk mencegah dan  bahkan mengobati penyakit kista, dapat dilakukan dengan menggunakan crystal x asli secara teratur. Semoga artikel tentang ciri ciri kista rahim dapat bermanfaat sebagai pengetahuan agar lebih berhati-hati.

Ciri Ciri Kista Rahim yang Perlu Diketahui | Dwi Hendarti | 4.5