Gejala Awal Kanker Serviks, PERHATIKAN!

GEJALA  AWAL KANKER SERVIKS

 

Gejala Awal Kanker Serviks | Kanker serviks sangat rentan mengancam kesehatan wanita Indonesia selain kanker payudara. Semakin banyak wanita yang terserang kanker serviks di Indonesia dikarenakan kanker ini bersifat ganas dan sulit diketahui gejala awalnya oleh penderita. Wanita yang terserang kanker serviks baru menyadari ketika sudah menginjak stadium lanjut. Selain itu kurangnya pengetahuan gejala dan tanda-tanda kanker serviks menjadi pemicu terus berkembangnya penyakit ini.

Kanker serviks juga memiliki tahap perkembangan seperti layaknya penyakit kanker lainnya, dimana tahap tersebut melalui proses stadium awal, stadium lanjut, dan stadium akhir.

Proses Stadium Awal

Penyebab utama dari kanker serviks adalah Human Papilloma Virus atau HPV yang menyerang leher rahim. Leher rahim yang terinveksi virus ini mengalami proses perkembangan yang membutuhkan waktu selama beberapa tahun untuk berubah menjadi kanker serviks. Sel rahim yang tidak normal akan menyebabkan mudahnya virus menyerang dan apabila tidak ditangani lebih lanjut atau dibiarkan saja akan menjadikan sel kanker berkembang menjadi kanker. Dalam istilah kedokteran hal ini disebut CIN (Cervical Intra-Epithelial Neoplasia) yang berarti sel prakanker.

Umumnya kanker serviks mengalami perkembangan meliputi:

  • Dispasia ringan selama 5 tahun
  • Displasia sedang selama 3 tahun
  • Displasia berat selama 1 tahun

Setelah melewati proses itu, barulah masuk menjadi kanker stadium 0. Pada tahap awal ini wanita yang terinfeksi tidak menimbulkan gejala, bahkan baru ditemukan setelah masuk stadium lanjut dan akhir.

Gejala Stadium Awal Kanker Serviks

Walaupun penyebab utama kanker serviks adalah HPV, namun tidak menutup kemungkinan kanker serviks disebabkan oleh faktor lingkungan dan genetik. Kanker serviks sulit ditemukan gejalanya, bahkan baru diketahui gejalanya ketika wanita mengalami kanker serviks stadium akhir. Hal inilah yang membahayakan dan menyebabkan resiko kematian.

Sebenarnya dengan pengetahuan yang dimiliki, wanita dapat menyadari gejala awal kanker serviks. Namun terkadang banyak para wanita yang menganggap hal tersebut adalah hal yang wajar.

gejala-awal-kanker-serviks

Berikut akan kami kupas mengenai gejala awal kanker serviks, yaitu:

  1. Terasa sakit pada bagian mulut rahim.

Pada gejala awal, rasa sakit tidak begitu dirasakan oleh penderita. Namun seiring dengan perkembangan kanker serviks yang semakin ke dalam dan memasuki stadium lanjut akan semakin sakit.

  1. Pendarahan tidak normal

Wanita yang menderita gejala kanker serviks akan mengalami pendarahan tidak normal pada organ vital, dimana pada waktu satu bulan terjadi pendarahan yang sedikit atau justru sangat banyak.

  1. Sering nyeri punggung

Wanita yang sering mengalami nyeri pada bagian punggung yang hebat di luar waktu menstruasi merupakan kondisi yang tidak normal. Nyeri yang dialami bisa muncul sampai berjam-jam dengan rasa yang ringan, sedang, ataupun sangat sakit bisa menjadi salah satu tanda gejala kanker serviks.

  1. Pendarahan setelah berhubungan intim

Setelah berhubungan intim sering mengeluarkan darah walaupun tidak sedang dalam masa menstruasi merupakan salah satu gejala awal kanker serviks. Hal ini disebabkan karena leher rahim mengalami iritasi. Walaupun tidak selamanya pendarahan yang dialami wanita setelah berhubungan intim merupakan pertanda kanker serviks, alangkah baiknya pemeriksaan dilakukan.

Itulah beberapa gejala awal kanker serviks atau gejala stadium awal kanker serviks. Semoga dengan bertambahnya pengetahuan kita membuat kita lebih waspada dan lebih menjaga kesehatan kita mulai sekarang dan seterusnya.

Gejala Awal Kanker Serviks, PERHATIKAN! | Dwi Hendarti | 4.5