Makanan Pembangun Otak Janin

Makanan Pembangun Otak Janin | Mempunyai janin yang sehat serta memiliki otak baik pasti menjadi dambaan semua ibu hamil. Untuk mencapai keinginan itu tentu kita akan berupaya dengan semaksimal mungkin menghindari perilaku yang membuat janin menjadi stress dan berusaha memiliki perilaku yang ikut menenangkan janin dalam kandungan. Selain itu, berupaya menghindari makanan pantangan dan memakan makanan penunjang secara berkelanjutan. Pemilihan makanan penunjang tetap menjadi prioritas agar bayi lahir dengan sempurna.

Saat masa kehamilan, seorang calon ibu diwajibkan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan protein dan nutrisi untuk menguatkan janin serta membantu pertumbuhan dengan baik dan kesehatan janin dalam kandungan lebih terjaga. Para ahli menyebutkan untuk menjaga pembentukan janin usahakan untuk memenuhi kebutuhan janin dengan makanan sehat pada trimester pertama hingga trimester akhir.

makanan-penunjang-otak-janin

makanan-penunjang-otak-janin

Terus contoh makanan seperti apa yang dimaksud? Sayuran dengan zat besinya, buah-buahan, Ikan yang mengandung omega 3 untuk meningkatkan otak janin sehingga kecerdasan otak bayi akan berkembang dengan baik dan teratur. Memang kalau dikonsumsi secara seimbang akan lebih menghasilkan sesuai dengan impian kita. Untuk lebih mengetahui detailnya beberapa jenis makanan secara spesifik mari baca beberapa contoh berikut ini:

1. Ikan. Sebagai penunjang perkembangan otak adalah omega 3. Banyak sekali para ahli menyarankan untuk ibu hamil selalu menkonsumsi ikan yang merupakan sumber omega 3 paling tinggi. Ikan yang mengndung omega 3 tinggi adalah ikan sarden dan salmon. Konsumsi secara teratur selama masa kehamilan. Untuk lebih optimal konsumsi dua sampai tiga kali dalam seminggu.

2. Sayur-sayuran. Sayur yang bagus untuk penunjang gizi janin adalah bayam, katu, tomat, wortel, kangkung. Sayuran ini juga sebagai antioksidan baik untuk menjaga sel-sel otak menjadi tetap sehat. Kalsium yang terdapat didalamnya sangat baik untuk pertumbuhan tulangnya.

3. Kacang-kacangan. Untuk menunjang protein dalam janin, ibu hamil dapat mengkonsumsi kacang-kacangan. Kacang tanah, kacang merah sangat bagus untuk membantu asupan protein untuk janin. Sebagaimana kita ketahui protein juga ikut andil dalam meningkatkan otak.

4. Kuning Telur. Kandungan kolin dalam kuning telur seperti halnya ditemukan dalam vitamin B merupakan kandungan yang baik untuk perkembangan otak janin. Bila anda kurang suka dengan kuning telur karena bisa menyebabkan mual, sebaiknya anda memakannya dengan jeda dan disandingkan dengan makanan lain.

5. Ayam. Hmm..ayam memang gurih dan nyaman. Sudah enak banyak gizinya lagi :). Yuk bunda usahakan setiap menu makan diusahakan ada daging ayamnya. Karena daging ayam banyak memiliki kandungan zat besi baik untuk membantu perkembangan otak janin.

4. Hati. Hati bagus untuk menjaga ibu hamil dari serangan anemia, karena sering sekali ibu hamil mengalami anemia. Hati ayam, hati kambing, dan hati sapi sangat bagus untuk menjaga asupan zat besi dalam sirkulasi darah ke janin.

 5. Buah Berries. Rasa segar buah beri seperti stroberi, blueberry mempunyai kandungan bagus dalam meningkatkan IQ pada bayi. Makan buah sebelum makan nasi karena itu yang dianjurkan dalam Islam. Buah-buahan akan melancarkan pencernaan dan akan diserap dengan lebih baik di saat dimakan sebelum makan nasi.

Beberapa makanan penunjang otak janin di atas perlu anda coba. Dengan demikian impian kita mempunyai bayi yang mempunyai kecerdasan IQ tercapai.

 

Makanan Pembangun Otak Janin | Dwi Hendarti | 4.5