Manfaat Air Kelapa Muda

Manfaat Air Kelapa Muda

 

Manfaat Air Kelapa Muda | Air kelapa muda mengandung rasa yang menyegarkan. Saking banyaknya orang-orang yang menyukai mengkonsumsi air kelapa sehingga air kelapa tidak sulit banyak pedagang pinggir maupun café-café yang menyediakan air kelapa muda sebagai minuman yang tersedia.

Tahukah anda selain rasa air kelapa yang menyegarkan, ternyata air kelapa sangat baik dikonsumsi? Pada artikel ini kita akan mengulas manfaat dari air kelapa yang bergunabagi kesehatan tubuh kita.

Air kelapa mempunyai nilai gizi yang luar biasa. Di dalam air kelapa terdapat unsur makro yaitu nitrogen dan karbon. Selain itu air kelapa juga mengandung unsur mikro yang sangat dibutuhkan oleh kesehatan tubuh kita. Unsur nitrogen di dalamnya berupa protein yang tersusun dari asam amino, seperti alanine, sistin, arginine, alin, dan serin. Asam amino yang terkandung dalam air kelapa lebih tinggi dibanding dengan susu sapi. Sementara pada unsur karbon dapat dijumpai dalam bentuk karbohidrat sederhana seperti glukosa, sukrosa, fruktosa, sorbitol, inositol, dan lain-lain. begitu juga dengan unsur mikro di dalam air kelapa yang berupa mineral sebagai pengganti ion tubuh. Sehingga anda akan merasakan kesegaran pada tubuh setelah mengkonsumsi air kelapa.

manfaat-air-kelapa-muda

                                       manfaat-air-kelapa-muda

Air kelapa juga mengandung vitamin C yang dominan, adam nikotinan, asam folat, biotin, asam pantotenat, serta riboflavin. Begitu banyak manfaat kesehatan dari air kelapa, sehingga membuat air kelapa muda juga dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan serta kecantikan.

Air kelapa juga kaya akan potassium (kalium), gula (1 – 3 %), dan protein (0,07 – 0,55 %). Mengingat hal demikian air kelapa dijadikan bahan baku dan produksi pangan. Di Negara kita Indonesia, air kelapa dijadikan sebagai minuman dan juga bahan baku pembuatan nana de coco.

Manfaat Air Kelapa Muda

Dari uraian kandungan gizi yang terkandung dalam air kelapa di atas, dapat kita uraikan manfaat dari air kelapa, diantaranya:

  1. Sebagai obat

Minum air kelapa muda membantu menetralisirkan racunobat sulfa dan antibiotika, sehingga menjadikan obat-obat itu lebih mudah diserap darah.

  1. Mencampurkan air kelapa dengan sedikit madu

Ramuan ini berkhasiat merangsang pusat-pusat seksual tubuh dan mengatasi gairah seksual berlebih.

  1. Sebagai uretik

Air kelapa berkhasiat memperlancar air seni. Air kelapa yang dicampur dengan sedikit sari jeruk juga bermanfaat mengatasi dehidrasi dan memerangi gangguan cacing dalam perut anak-anak kecil.

  1. Dicampur dengan susu

Air kelapa yang dicampur dengan susu sangat baik untuk makanan anak karena berkhasiat mencegah penggumpalan susu di dalam perut, muntah, sembelit, dan sakit pencernaan.

  1. Membersihkan wajah

Mencuci muka menggunakan air kelapa secara konsisten setiap hari dapat menyembuhkan dan melenyapkan jerawat, noda-noda hitam, kulit mongering, kerutan yang datang lebih dini, serta membuat wajah lebih berseri.

Untuk mengobati jerawat membandel, anda dapat mencampurkan 25 gram pasta kunyit dengan segelas air kelapa, dan biarkan selama semalaman. Kemudian tambahkan 3 sendok the bubuk cendana merah, aduk merata dan simpan selama 3 hari. Setelah 3 hari saringlah ramuan tersebut dengan 3 tapis kain kasa. Sari tadi dapat anda simpan dalam botol. Oleskan 2 kali sehari pada muka hingga jerawat hilang dan wajah kembali berseri. Semoga artikel tentang manfaat air kelapa muda ini bermanfaat.

Manfaat Air Kelapa Muda | Dwi Hendarti | 4.5