Manfaat Madu Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Madu Untuk Kesehatan | Siapa yang tidak mengenal madu? Sejak zaman dahulu madu sudah dikenal sebagai makanan yang berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Madu dihasilkan oleh lebah. Banyak cara yang dilakukan untuk mengkonsumsi madu. Madu bisa dikonsumsi langsung, dibuat minuman dengan mencampurkan air hangat, ataupun dicampurkan dengan bahan makanan lainnya seperti roti. Madu mempunyai rasa yang enak sehingga banyak disukai orang, selain itu banyak manfaat yang didapat dari mengkonsumsi madu.

Berikut merupakan manfaat madu untuk kesehatan tubuh:

1. Mengatasi batuk dan meriang

Madu dapat membantu menyembuhkan penyakit batuk. Madu yang dicampurkan dengan air hangat akan membantu melegakan sakit tenggorokan dan membawa keluar dahak yang menumpuk. Selain itu madu juga dapat menghangatkan tubuh yang sedang meriang kedinginan.

2. Membantu program diet

Bagi anda yang ingin melakukan program diet dengan cara aman. Kombinasi madu dan air hangat mampu membakar lemak. Minumlah madu segelas setiap pagi untuk menurunkan timbunan lemak ekstrak dalam tubuh.

3. Menyehatkan kulit

Banyak salon perawatan muka dan kulit tubuh yang menggunakan madu sebagai terapinya. Madu memiliki banyak sifat anti bakteri dan anti jamurMadu dapat mencegah dan mengobati jerawat serta mengangkat sel kulit mati. Disamping itu madu dapat mencerahkan dan menyehatkan kulit anda.

manfaat madu untuk kesehatan
manfaat madu untuk kesehatan

4. Mengatur gerakan usus

Madu yang dicampur dengan air hangat bisa membantu menjaga pergerakan usus secara teratur. Saat usus bergerak teratur, secara tak langsung dapat membersihkan toksin di dalam usus besar.

5. Meningkatkan daya tahan tubuh

Madu dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tubuh kebal terhadap penyakit.

6. Mencegah dehidrasi

Madu yang diminum dengan air hangat dapat menambah cairan dalam tubuh anda sehingga anda terhindar dari dehidrasi dan anda selalu tampil energik setiap hari.

7. Baik bagi pencernaan

Madu memiliki kandungan enzim yang dapat membantu anda dalam mencerna makanan. Bagi anda yang mengalami masalah pencernaan, anda dapat meminum madu bersama air hangat setelah anda makan makanan inti.

8. Menurunkan glukosa dan kolesterol dalam darah

Meskipun madu memiliki rasa yang lebih manis dibandingkan dengan gula, namun madu memiliki indeks glikemik rendah karena diserap oleh aliran darah secara bertahap. Bagi anda yang terserang diabeter, harus menghindari makanan yang mengandung glimiks tinggi karena dapat mendorong lonjakan glukosa dalam darah.

Madu merupakan alat pemanis alami yang paling aman dibanding dengan gula sintetis. Madu dipercaya mampu meurunkan glukosa darah. Madu mengandung mineral dan vitamin alami yang dipercaya dapat membantu menurunkan kadar LDL (kolesterol buruk) di dalam tubuh.

  1. Meringankan penyakit pernafasan

Sebuah penerlitian yang dilakukan oleh pelajar di Bulgaria menemukan bahwa madu sangat efektif dalam mengobati penyakit pernafasan seperti mengatasi bronchitis kronis, bronchitis, asma, rhinitis kronis, alergi, dan sinusitis. Madu merupakan obat yang efektif untuk pilek, flu, dan infeksi pernafasan.

Nah, itulah beberapa manfaat madu untuk kesehatan. Madu yang berwarna gelap memiliki jumlah nutrisi yang lebih tinggi dibandingkan dengan madu yang berwarna terang. Mengganti gula pasir dengan madu dalam minum sebagai pemanis memiliki banyak keuntungan karena gula pasir tidak memiliki nutrisi antioksidan sama sekali sedangkan madu sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Semoga bermanfaat.

Manfaat Madu Untuk Kesehatan Tubuh | Dwi Hendarti | 4.5