Manfaat Menstruasi Bagi Wanita

Manfaat Menstruasi Bagi Wanita | Menstruasi yang normal selalu datang pada wanita setiap bulannya. Ketika wanita sedang dalam masa menstruasi, tak jarang ada yang mengeluh. Mereka merasa perut nyeri, pusing, dan mood berubah sehingga dapat mengganggu aktifitas sehari-hari. Tetapi taukah anda bahwa menstruasi yang dialami wanita setiap bulan mempunyai manfaat yang sangat bagus untuk kesehatan?

Berikut manfaat menstruasi bagi wanita:

  1. Membuat tubuh menjadi sehat

Ternyata dengan menstruasi, tubuh menjadi sehat dan berstamina. Mungkin anda tidak menyadarinya bahwa ketika anda mengalami menstruasi sejumlah zat besi akan hilang sehingga zat besi di dalam tubuh menjadi stabil. Hal inilah yang akan membuat tubuh anda menjadi sehat dan berstamina.

  1. Menstabilkan tubuh

Wanita yang mengalami masa menstruasi yang normal akan membuat tubuh menjadi stabil karena adanya aktifitas di dalam tubuh. Dengan adanya aktifitas di dalam tubuh, maka  hormon-hormon akan mengalami keseimbangan yang baik untuk indicator kesehatan.

manfaat menstruasi bagi wanita
manfaat menstruasi bagi wanita
  1. Mempercantik penampilan

Ketika menstruasi menghampiri anda, anda mungkin terkadang mengeluh dengan penampilan anda . Terkadang jerawat sering timbul dan mungkin anda mengalami sakit pada payudara, nyeri perut dan pusing. Hal ini masih dalam kondisi normal. Pernahkah anda memperhatikan setelah masa menstruasi anda usai? Anda akan merasa lebih nyaman karena hormonal anda kembali seimbang dan memberikan pengaruh yang lebih positif sehingga wajah anda akan kembali lebih cerah, membuat anda lebih percaya diri, dan lebih aktif.

  1. Menunjukan bahwa berat badan menjadi ideal

Ternyata menstruasi menandakan bahwa tubuh anda ideal dimana tubuh ideal sangat diidamkan setiap wanita. Wanita yang mengalami masa menstruasi normal akan terhindar dari berat badan yang berlebihan dan juga kekurusan. Tubuh yang ideal memungkinkan anda mengalami menstruasi yang teratur. Hal ini dikarenakan bahwa asupan gizi yang anda konsumsi serta kalori dalam tubuh seimbang. Wanita yang terlalu gemuk mengakibatkan lemak terakumulasi sehingga menstruasi menjadi tidak teratur. Begitu juga dengan wanita yang terlalu kurus dapat mengakibatkan menstruasi tidak menentu.

  1. Membersihkan darah

Siklus menstruasi normal dipercaya memberikan manfaat untuk membersihkan darah. Hal ini sama manfaatnya seperti ketika anda mendonorkan darah anda karena dapat membersihkan tubuh anda dari berbagai mikroorganisme, terutama bakteri. Selain itu juga dapat mengeluarkan zat besi yang berlebih di dalam tubuh. Sehingga sangat bagus untuk area produksi anda. Dengan pembersihan darah dapat membantu mencegah resiko terserang penyakit alzheimer, jantung, dan juga stroke.

Jadi, bagi para wanita yang mengalami menstruasi yang rutin setiap bulannya tak perlu mengeluh ataupun risau hanya dengan alasan takut mengganggu aktifitas anda. Terlebih anda sudah mengetahui banyak manfaat dari menstruasi. Apalagi di zaman modern ini sudah banyak obat yang bisa menghilangkan rasa nyeri dan pusing saat datang bulan. Justru sebaiknya yang harus anda lakukan adalah menyukurinya karena dengan datangnya masa menstruasi rutin menandakan tubuh anda sehat. Tentunya rasa syukur dapat anda berikan dengan cara lebih menjaga pola makan anda. Memberikan asupan gizi yang seimbang di dalam tubuh dan dibarengi dengan olah raga teratur. Hal ini akan mengurangi resiko keluhan sakit saat menstruasi. Demikian beberapa manfaat menstruasi bagi wanita. Semoga bermanfaat.

Manfaat Menstruasi Bagi Wanita | Dwi Hendarti | 4.5