Mari Kenali Ciri-Ciri Anak Kurang Tidur

CIRI-CIRI ANAK KURANG TIDUR

Ciri-ciri anak kurang tidur | Anak-anak memiliki waktu ideal untuk tidur. Jika hal ini terpenuhi akan berpengaruh terhadap perkembangan otaknya. Untuk mengetahui apakah anak anda termasuk anak yang mempunyai waktu tidur yang cukup atau kurang, dapat anda perhatikan dengan melihat aktifitasnya disaat siang hari. Berikut ini merupakan ciri-ciri anak yang kurang tidur, yaitu sebagai berikut:

  1. Anak sering tertidur dikendaraan

Ketika anak anda, anda ajak pergi jalan-jalan kesuatu tempat atau anda sedang mengantarkannya untuk pergi kesekolah, anak anda akan selalu tertidur diperjalanan. Hal ini menandakan anak anda kurang waktu istirahatnya yang cukup.

  1. Rewel

Setiap orang tua pasti mengetahui gejala anaknya yang rewel. Sering menangis dan lebih sensitive, serta emosional yang tinggi. Rasa ngantuk dan lelah yang diraskan membuat anak anda sering menangis dan rewel. Hal ini bisa menjadi pertanda bahwa anak anda kurang tidur.

  1. Tidak bangun jika tidak dibangunkan

Jika anak anda terbiasa bangun disiplin, maka jam biologis anak akan terbentuk sehingga anak anda akan bangun dipagi hari beberapa hari anak anda sulit bangun jika tidak anda bangunkan, hal ini menjadi pertanda bahwa anak anda kurang tidur diwaktu siang hari.

  1. Tidur malam lebih awal

Walaupun pada usia tertentu pola tidur anak sudah terbentuk, namun bila anak anda dalam keadaan kurang tidur sehingga membuatnya sangat lelah dapat membuat anak tidur lebih awal. Aktifitas setiap malam yang seharusnya dikerjakan di malam hari seperti biasanya menjadi terbengkalai, seperti membaca materi pelajaran untuk besok atau juga membaca buku. Hal ini dapat membuat kebiasaan jam tidurnya menjadi berubah.

  1. Konsentrasi menurun

Karena merasa lelah dan ngantuk yang tak tertahankan, saat sedang belajar anak akan sulit menangkap pelajaran terutama saat di sekolah. Konsentrasi anak akan menurun. Hal ini dapat terlihat dari nilai yang didapatkan anak disekolah menurun. Selain itu ketika anda sedang mengajaknya mengobrol, terkadang anak anda tidak benar-benar sedang mendengarkan apa yang sedang anda bicarakan, bahkan terlihat sering menguap. Hal ini menandakan bahwa anak anda kurang tidur.

Itulah beberapa ciri-ciri anak kurang tidur. Sebagai orang tua yang bijak, hendaklah anda memperhatikan pola istirahat anak yang cukup agar perkembangan anak menjadi lebih baik. Peran orang tua sangatlah penting dalam masa tumbuh kembang sang buah hati. Semoga bermanfaat.

Mari Kenali Ciri-Ciri Anak Kurang Tidur | Dwi Hendarti | 4.5