Penting ! Kenali Masa Subur Pria saat Program Hamil

Masa Subur Pria | Sperma pria memang bisa dikeluarkan setiap saat. Namun untuk menghasilkan keturunan tentunya kualitas sperma pria juga sangat berperan penting dalam membuahi sel telur wanita. Banyak diantara kita yang hanya mengetahui tentang masa subur wanita. Tapi taukah anda bahwa pria juga mempunyai masa subur?

Ya, pria juga mempunyai masa subur seperti layaknya wanita, dimana sperma pria dalam kondisi terbaik dan mempunyai kemungkinan besar dapat membuahi sel telur. Tetapi bedanya, masa subur pada wanita dapat dihitung dengan melihat siklus menstruasi. Sedangkan untuk pria, masa subur tidak mempunyai siklus bulanan. Masa subur pria dapat terjadi kapan saja, namun peluang terbesar dari masa subur pria terjadi setiap pagi hari atau terutama saat musim dingin. Pada waktu pagi hari dan musim dingin pria memiliki jumlah sperma yang lebih banyak.

Secara umum, perubahan waktu dan musim dapat mempengaruhi jumlah sperma pria. Testis pria sangat sensitif terhadap suhu. Pada musim dingin, jumlah sperma pria akan lebih banyak dari pada jumlah sperma pada musim panas. Karena pada pagi hari udara lebih sering dingin sehingga dapat dipastikan bahwa jumlah sperma di pagi hari lebih banyak. Waktu ideal saat berhubungan badan adalah pada pukul 04.00 sampai dengan 07.00. Ditambah lagi masa subur pria terjadi pada hari ke-3 sampai dengan hari ke-7 setelah sperma keluar dari organ reproduksi.

Berbeda dengan saat musim panas, yaitu menjelang tengah hari dimana saat suhu meningkat akan mempengaruhi kualitas sperma. Pada saat suhu panas, kehidupan sperma menjadi lebih pendek.

masa subur pria

Pada pagi hari, semangat untuk berhubungan badan dengan pasangan sah anda akan lebih tinggi dibandingkan dengan saat malam hari. Karena pada malam hari anda sudah merasa kelelahan akibat aktifitas di siang hari. Apalagi saat anda terjaga dari tidur yaitu pada tengah malam, rasa lelah dan mengantuk anda membuat semangat untuk berhubungan badan akan menurun sehingga mempengaruhi rendahnya kualitas sperma.

Bagi anda yang sedang dalam program memiliki momongan, selain mengatur masalah waktu berhubungan badan, juga dengan menjaga kesuburan alat reproduksi dengan benar. Hindarilah kegiatan yang membuat kualitas sperma menurun seperti merokok, minuman keras, obat-obatan, dan lain sebagainya. Lakukan pola hidup yang sehat seperti makan makanan yang mengandung nilai gizi seimbang dan olahraga teratur. Cobalah melakukan hubungan badan saat suami dan istri sama-sama dalam masa subur sehingga kemungkinan berhasilnya lebih tinggi. Selain itu yang terpenting adalah berdoa memohon kepada Allah SWT untuk dimudahkan dalam memperoleh keturunan. Semoga bermanfaat.

Penting ! Kenali Masa Subur Pria saat Program Hamil | Dwi Hendarti | 4.5