Mengatasi Anak Susah Makan

Mengatasi anak susah makan | Perilaku anak yang susah makan tentunya akan menimbulkan rasa kekhawatiran orang tua. Apalagi pada saat masih kecil anak benar-benar sangat memerlukan nutrisi seimbang dalam tumbuh kembangnya. Sebagai orang tua, jangan anda terus memaksa anak anda agar mau makan. Namun sebaiknya anda mengenali penyebab anak susah makan. Jika secara medis tidak ada masalah pada kesehatan anak anda, maka anda dapat melihat keadaan anak anda secara psikologi sehingga anda dapat mencoba tips berikut dalam mengatasi anak yang susah makan.

mengatasi anak susah makan
mengatasi anak susah makan

Berikut merupakan hal yang dapat anda lakukan dalam mengatasi anak yang susah makan:

  1. Terapi bermain

Ketika anak anda sedang asyik bermain, anda dapat memberikan makanan kepadanya sambil menemaninya bermain. Anda dapat memberikan sedikit cerita menarik atau  memperkenalkan benda-benda disekitar. Anda juga dapat mempersilahkan anak anda untuk bercerita. Anda dapat mengamati anak anda dan belajar merespon anak anda dengan positif sehingga anak merasa sangat dihargai. Pendekatan seperti ini dapat memberikan dampak yang positif terhadap selera makan anak.

  1. Mengajarkan perilaku yang baik dan teratur dalam makan

Sediakan menu makanan yang berfariasi. Beri contoh kepada anak tentang cara makan yang baik, misalnya dengan duduk nyantai dimeja makan dan cara memegang sendok  yang benar. Makan bersama akan lebih menumbuhkan semangat makan anak.

  1. Intropeksi diri anda dalam pola asuh terhadap anak

Anda juga harus intropeksi diri apakah selama ini anda overprotektif terhadap kegiatan anak sehingga anda melarang anak anda untuk bereksperimen atau belajar mengenal lingkungan. Pendidikan semacam ini dapat menghalangi kreatifitas anak sehingga menimbulkan rasa takut, marah, dan cemas anak. Hal ini tentu mengganggu selera makan anak.

  1. Beri cemilan yang sehat dan menarik

Terkadang anak merasa jenuh dengan menu makanan yang itu-itu saja. Anda dapat lebih kreatif dengan memberikan cemilan yang menarik. Misalnya anda dapat memberikan buah dan sayuran yang beragam. Sambil makan anak akan belajar mengenal banyak makanan yang menyehatkan.

  1. Menjadikan saat makan sebagai kegiatan yang menyenangkan

Hindari memarahi anak dan menakut-nakuti anak ketika anak sulit makan karena hal ini dapat berakibat buruk bagi psikologi anak. Usakan agar anak anda merasa nyaman ketika anda menghidangkan makanan untuknya sehingga selera makan anak akan tumbuh.

Itulah tips mengatasi anak susah makan. semoga tips-tips di atas dapat membantu anda dalam mengatasi masalah anak  susah makan.

Mengatasi Anak Susah Makan | Dwi Hendarti | 4.5