Mitos Makanan Penyebab Keputihan

MITOS MAKANAN PENYEBAB KEPUTIHAN

Mitos Makanan Penyebab Keputihan | Para wanita banyak menghindari makanan yang dianggap dapat memicu munculnya keputihan. Di lingkungan masyarakat banyak yang mengatakan bahwa mengkonsumsi nanas, timun, dan lain sebagainya dapat memicu munculnya keputihan membandel. Tapi benarkah itu atau hanya sekedar mitos saja?

Berikut merupakan daftar makanan yang mitosnya dapat memicu keputihan, berikut penjelasanya:

  1. Timun

Apakah anda termasuk wanita yang menghindari mengkonsumsi timun karena takut dapat menimbulkan keputihan? Dalam bahasa latin timun disebut Cucumis Sativus. Timun memiliki kandungan buah timun ternyata banyak mengandung kandungan air yang cukup tinggi dan memiliki manfaat untuk kesehatan kita. Selain itu timun juga mengandung vitamin A, B, dan C, mineral, magnesium, kalium, mangan, dan silica yang dapat merawat kesehatan kulit anda, melancarkan pencernaan, dan mengobati diabetes. Kandungan asam malonat juga dapat mengurangi berat badan dan kandungan kukurbitasin C dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah penyakit hepatitis.

  1. Nanas

Nanas dalam bahasa latin dikenal dengan sebutan Ananas comosus. Nanas disebut-sebut sebagai pemicu keputihan berlebih sehingga banyak wanita yang menghindari untuk mengkonsumsi buah segar ini. Taukah anda bahwa nanas banyak manfaatnya untuk tubuh kita? Nanas banyak mengandung vitamin dan serat yang sangat baik untuk kesehatan. Nanas juga mengandung asam amino tryptophan yang mampu mencegah anda dari depresi. Terlebih lagi, kandungan nanas memiliki antioksidan dan betakarotin yang mampu meningkatkan konsentrasi dan mencegah katarak.

  1. Pisang Ambon

Banyak wanita yang menghindari mengkonsumsi pisang ambon terutama bagi wanita yang belum menikah. Alasan ilmiah yang dinyatakan oleh pakar gizi Prof. Ir. Ahmad Sulaeman MS PhD mengatakan bahwa di dalam kandungan pisang ambon dapat membuat libido tinggi sehingga tidak baik bagi wanita yang belum menikah. Akan tetapi hal ini tidak ada kaitannya dengan pemicu keputihan.

mitos makanan penyebab keputihan

mitos makanan penyebab keputihan

  1. Terong

Banyak isu yang bekembang bahwa terong merupakan slah satu penyebab terhadinya keputihan pada wanita. Padahal secara fakta bahwa terong merupakan sayuran yang mengandung Phycocynanin menyehatkan. Bahkan kandungan dalam terung yaitu resveratrol dapat mencegah terjadinya penyakit jantung.

mitos makanan penyebab keputihan 1

mitos makanan penyebab keputihan

 Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Padang, dr. Yusrawati, SpOG (K) menegaskan bahwa tidak ada jenis buah-buahan yang dapat memicu munculnya keputihan. Dari penjelasan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa makanan yang dapat menimbulkan keputihan bukanlah karena anda mengkonsumsi buah-buahan seperti timun, nanas, pisang ambon, dan terong. Karena justru buah-buahan tersebut bermanfaat bagi kesehatan tubuh anda. Namun sebaiknya anda tetap mengkonsumsi dalam jumlah yang diperlukan dalam tubuh, jangan berlebihan. Karena segala sesuatu yang berlebihan maka hasilnya tidak baik.

Masih percaya dengan mitos makanan penyebab keputihan?

Penyebab keputihan bukanlah faktor makanan tetapi infeksi dari bakteri, jamur, parasite dan virus. Makanan jenis tertentu memungkinkan jamur mampu berkembang biak di dalam tubuh, yang mana dapat menimbulkan keputihan.

Mitos Makanan Penyebab Keputihan | Dwi Hendarti | 4.5