Obat Turun Panas Bayi Tradisional

Obat Turun Panas Bayi Tradisional

 

Obat Turun Panas Panas Bayi Tradisional | Anak bayi ataupun balita memang lebih rentan terkena resiko penyakit panas. Kita sebagai orang tua sebaiknya lebih tanggap apabila panas menyerang anak, karena terkadang panas datang tiba-tiba tanpa diketahui penyebab pastinya. Panas yang menyerang buah hati dapat terjadi karena beberapa faktor, mulai dari faktor cuaca yang berubah ataupun faktor fisik buah hati yang sedang tidak nyaman.

 Saat anak kita tiba-tiba mengalami panas yang tinggi, tentunya hal tersebut akan membuat cemas, karena kita takut jika terjadi hal-hal yang buruk terhadap si kecil. Sebaiknya rasa cemas  dibarengi dengan tindakan. Segeralah beri tindakan terhadap buah hati agar dapat membantu meredakan panasnya.

 Selama ini banyak para orang tua yang mengatasi masalah sakit anak hanya dengan memberikan obat yang mengandung zat kimia. Padahal banyak tanaman tradisional yang dapat kita manfaatkan untuk mengatasi masalah panas pada buah hati. Ramuan tradisional dipercaya bekerja secara alami tanpa efek samping di dalam tubuh.

obat-turun-panas-bayi-tradisional

                                       obat-turun-panas-bayi-tradisional

Berikut ini merupakan obat turun panas bayi yang sangat mudah kita temukan yang dapat membantu meredakan panas pada bayi atau balita anda.

  1. Bawang merah

Semua wanita tentu mengenal bawang merah kan! Ya, bawang merah selama ini dikenal sebagai salah sat bumbu masakan yang membantu masakan kita menjadi lebih lezat. Tapi taukah anda bahwa bawang merah dapat membantu mengobati panas anak?

Dari zaman dahulu, bawang merah sering dimanfaatkan untuk menurunkan panas pada buah hati. Kandungan yang ada di dalam bawang merah dipercaya sangat baik bagi kesehatan bayi atau balita, seperti minyak atsiri, sikloaliin metialiin, kuersetin, dan floroglusin yang kesemuanya itu dapat menurunkan panas.

Cara penggunaanya sangat sederhana yaitu dengan diparut atau diiris tipis-tipis dan tambahkan dengan sedikit minyak kelapa. Balurkan pada tubuh bayi sambil dipijat perlahan.

  1. Temulawak

Temulak memiliki kandungan zat germacrene, alpha betha curcumena, dan xanthorrhizol dimana kandungan ini bermanfaat sebagai antibiotic dan juga anti inflamasi.

Cara penggunaannya yaitu dengan memarut temulawak sebanyak satu ruas dan campurlah dengan setengah gelas air. Aduk rata, lalu saring dan peras airnya. Ambil sarinya dan tambahkan madu. Aduk rata dan minumkan kepada buah hati anda untuk menurunkan panasnya.

  1. Kunyit

Kunyit juga memiliki kandungan minyak atsiri seperti pada bawang merah. Selain itu kunyit juga memiliki kandungan turmeron, curcumin, dan zingiberen. Kandungan tersebut berfungsi sebagai anti inflamasi, antioksidan, dan juga antibakteri yang dapat membantu menurunkan panas si kecil anda.

Cara penggunaannya sama dengan temulak. Selain dengan madu, anda juga dapat mencampurkan dengan perasan jeruk nipis.

Itulah beberapa obat turun panas bayi tradisional yang dapat kita manfaatkan untuk menghindari ketergantungan terhadap obat kimia. Semoga bermanfaat.

Obat Turun Panas Bayi Tradisional | Dwi Hendarti | 4.5