Bahaya!! Pembalut Pemicu Kanker Serviks

Pembalut Pemicu Kanker Serviks

 

Pembalut Pemicu Kanker Serviks | Semua wanita yang sudah mengalami masa menstruasi tentu tidak akan asing lagi dengan benda “pembalut”. Ya, benda yang menjadi teman akrab wanita saat menstruasi. Selain itupembalut juga digunakan setelah proses melahirkan pada wanita atau juga sesudah operasi. Fungsi pembalut yaitu untuk menyerap darah yang berasal dari organ kewanitaan.

Zaman dulu para wanita hanya menggunakan celemek dari kain sehingga setelah dipakai bisa dicuci. Seirng berkembangnya zaman, pembalut dibuat hanya untuk sekali pakai. Pembalut instan yang sekali pakai ini mulai marak pada tahun 1980-an sampai sekarang ini terus berkembang dengan berbagai design dan merk karena dirasa sangat bermanfaat dalam menunjang aktifitas anda.

pembalut-pemicu-kanker-serviks

pembalut pemicu kanker serviks

 

Tapi apakah benarkah pembalut pemicu kanker serviks?

Dr. Boyke mengatakan dalam situsnya bahwa kandungan pemutih atau pewangi buatan yang terdapat pada pembalut dikhawatirkan akan berlanjut pada alergi dan memicu keputihan tidak normal serta radang atau infeksi.

Bahan kimia yang terkandung di dalam pembalut dapat memicu bahaya kanker serviks. Hal ini dikarenakan pembalut yang anda gunakan tidak murni 100% terbuat dari kapas, biasanya bercampur dengan serbuk kayu(pulp) yang didaur ulang sehingga membantu menghemat produksi. Namun justru zat kimia yang terdapat pada bahan baku itulah yang menimbulkan bahaya bagi anda, diantaranya:

1. Bahan baku tersebut dikhawatirkan memicu bakteri dan kuman yang menyebabkan bau dan gatal pada daerah kewanitaan anda.

2. Zat kimia yang dicampur untuk tahap pemutihan seperti DIOXIN dapat memicu reaksi alergi bagi kulit yang tidak cocok.

3. Pembalut yang bersentuhan langsung dengan kulit miss V mengandung 107 bakteri berbahaya dalam setiap 1 -2 cm. hal ini yang menyebabkan perkembangan bakteri atau virus bila digunakan dalam 2 jam ke atas. Virus yang berkembang tidak menutup kemungkinan adalah virus papilloma manusia yang menyebabkan kanker serviks.

Mengenal ciri-ciri pembalut yang tidak sehat dapat anda lakukan dengan melakukan uji tes pembalut seperti berikut:

1. Cobalah anda suntikan pembalut dengan 35-50 ml/cc air pada permukaan pembalut dan diamkan 1 -3 menit. Kemudian anda gunakan tisu untuk menekan pembalut anda. Jika tisu anda basah berarti daya serap pembalut yang anda gunakan rendah sehingga tidak baik digunakan.

2. Sediakan setengah gelas air putih dengan gelas bening. Sobek pembalut anda kemudian masukan bagian dalam pembalut ke dalam gelas berisi air yang telah anda sediakan tadi dan aduklah. Jika pada bagian inti hancur dan air menjadi keruh, hal ini menandakan bahwa pembalut yang anda gunakan berasal dari kertas yang didaur ulang dimana kertas daur ulang tidak sehat digunakan sebagai bahan serap darah menstruasi.

Mengingat bahwa pembalut sekali pakai berbahaya dan dapat memicu kanker serviks, sebaiknya setelah anda mengenali pembalut anda, disarankan agar anda mengganti pembalut anda setiap 4 jam sekali dengan tujuan menghindari infeksi bakteri, kuman, dan virus yang menyebabkan keputihan tidak normal. Karena keputihan tidak normal merupakan tanda bahwa miss V anda dalam keadaan tidak sehat.

Untuk itu berhati-hatilah agar pembalut pemicu kanker serviks tidak selalu menjadi andalan anda di kala datang bulan tiap bulannya. Coba gunakan pembalut yang dapat dicuci atau pembalut yang terbuat dari bahan aman terhindar dari zat kimia dan bahan dasar berbahaya.

Bahaya!! Pembalut Pemicu Kanker Serviks | Dwi Hendarti | 4.5