Penyebab Keputihan Pada Wanita

Penyebab Terjadinya Keputihan Pada Wanita

 

Penyebab Keputihan Pada Wanita | Wanita yang menderita keputihan tidak normal dalam jangka lama, selain mengganggu aktifitas sehari-hari tentunya akan mengganggu kesehatan miss V bahkan menjalar sampai ke dalam kandungan. Keputihan bisa muncul karena dipicu oleh banyak sebab; diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Faktor kebersihan

Sebagian besar wanita lebih mementingkan perawatan wajah dan mengabaikan kesehatan miss V. miss V yang jarang dibersihakan, akan menimbulkan berbagai macam penyakit yang salah satunya adalah keputihan. Hal ini tentunya akan mempermudah bakteri pathogen berkembang karena kelembaban vagina mengalami peningkatan.

  1. Penggunaan obat-obatan

Penggunaan obat-obatan yang berlebihan seperti antibiotik dalam jangka lama dapat menyebabkan kekebalan sistem imunitas pada tubuh wanita, sehingga dapat menimbulkan keputihan. Selain itu penggunaan KB yang tidak cocok dapat menimbulkan gangguan keseimbangan hormonal.

  1. Penggunaan celana dalam yang salah

Menggunakan celana dalam yang kentat dan terbuat dari kain tebal yang tidak mampu menyerap keringat dapat memicu timbulnya keputihan. Hal ini dikarenakan tidak adanya sirkulasi udara yang masuk disekitar area miss V sehingga miss V menjadi lembab.

penyebab keputihan pada wanita

penyebab keputihan pada wanita

  1. Penggunaan pembalut wanita dan pentiliner

Tak dapat dipungkiri bahwa wanita saat menstruasi memakai pembalut untuk mencegah darah menetes kemana-mana. Namun salah pilih pembalut dapat mengakibatkan iritasi pada miss V. Sebagian wanita sering ketergantungan dengan penggunaan pentiliner secara terus menerus untuk menahan darah haid yang keluar sedikit atau juga untuk menahan keputihan berlebih yang keluar, padahal hal ini justru membuat arena miss V terus lembab dan memicu timbulnya keputihan.

  1. Pola makan dan minum

Kebanyakan wanita tidak mengetahui jenis makanan dan minuman yang dapat mengganggu kesehatan miss V. Bahkan tak jarang mereka sudah mengetahuinya namun mengabaikannya. Sehingga mereka mengkonsumsi makanan dan minuman yang banyak mengandung gula. Selain dapat memicu diabetes atau yang lebih terkenal dengan sebutan kencing manis, gula berlebih dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri yang memicu keputihan. Selain itu buah timun dan nanas, juga minuman bersoda dapat memicu timbulnya keputihan.

  1. Perubahan aktifitas dan stress

Aktifitas yang tak biasa dilakukakan sebelumnya namun menjadi suatu pekerjaan baru yang dirasa sangat membebani diri anda akan membuat anda merasa kelelahan. Terlebih ditambah masalah yang datang dari dalam maupun luar yang dapat membuat anda menjadi stress. Stress mempengaruhi kinerja otak, maka ketika otak mengalami kondisi stress maka dapat menimbulkan perubahan keseimbangan hormone-hormon dalam tubuh yang dapat menimbulkan keputihan.

  1. Lanjut usia

Keputihan dapat muncul pada wanita yang lanjut usia. Terkadang cairan putih keluar disertai dengan darah yang berbau. Hal ini dikarenakan lapisan vagina yang menipis dan mengerisut seiring dengan bertambahnya usia. Hal ini juga bisa terjadi pada  wanita yang belum pubertas dan wanita yang mengidap kencing manis.

  1. Akibat parasite, bakteri, virus, dan jamur
  • Parasite Trichomonas Vaginalis

Terjadi dan ditularkan melalui hubungan seks, bibir kloset, atau alat perlengkapan mandi. Ciri-cirinya cairan yang keluar sangat kental, memiliki warna kuning atau hijau, berbuih dan berbau anyir. Keputihan ini tidak menimbulkan gatal tapi jika ditekan vagina penderita akan terasa sakit.

  • Bakteri Gardnella

Keputihan akibat bakteri ini ciri-cirinya berwarna keabuan dan sedikit encer, memiliki bau amis dan berbuih. Keputihan ini menimbulkan rasa gatal yang sangat mengganggu.

  • Virus

Keputihan yang sering disebabkan karena hubungan seks bebas. Keputihan ini mempunyai ciri-ciri timbulnya cairan berbau dan kutil yang banyak di vagina.

  • Jamur Monilia atau Candidas.

Keputihan akibat jamur ini bercirikan warna putih seperti susu, cairan sangat kental dan berbau tidak sedap, serta menimbulkan rasa gatal di area sekitar vagina. Hal ini menyebabkan vagina meradang dan merah.

Demikian beberapa penyebab keputihan pada wanita. Bisa disimpulkan bahwa keputihan bukanlah hal yang bisa disepelekan bukan? Jadi, sudah seharusnya kita sebagai wanita menjaga kesehatan miss v agar hal-hal di atas dapat diatasi sejak dini. Mari atasi dengan crystal x asli.

Penyebab Keputihan Pada Wanita | Dwi Hendarti | 4.5