Penyebab Timbulnya Kanker Serviks

Penyebab Timbulnya Kanker Serviks

 

Penyebab Timbulnya Kanker Serviks | Kanker serviks atau kanker leher rahim merupakan penyakit berbahaya nomor 1 yang mematikan. Berdasarkan penelitian setidaknya dalam 2 menit sekali di dunia wanita meninggal  karenakanker serviks.

Kanker servikc dimulai ketika sel-sel yang sehat mengalami mutasi atau perubahan pada DNA.  Mutasi DNA inilah yang kemudian merubah sel normal menjadi sel tidak normal. Jika pada sel yang sehat, akan tumbuh dan berkembang biak dengan kecepatan tertentu.

Sedangkan pada sel kanker yang tidak normal akan tumbuh dan berkembang tanpa terkendali. Sel yang tidak normal akan terus berkembang dan membentuk tumor. Sel kanker yang muncul kemudian akan menyerang jaringan disekitarnya. Sel ini menjadi sangat aktif dan mampu melepaskan diri dari tempat awal dia muncul untuk menyebar ke wilayah tubuh lainnya, dalam dunia medis dikenal dengan proses metastis.

penyebab-timbulnya-kanker-serviks

penyebab-timbulnya-kanker-serviks

Penyebab Timbulnya Kanker Serviks

Ada beberapa sebab yang memicu wanita terkena resiko kanker serviks, yaitu:

  1. Merokok

Wanita yang merokok beresiko dua kali lipat terkena kanker serviks. Hal ini diakibatkan oleh sel-sel mulut rahim yang teracuni oleh nikotin dalamdarah yang memiliki kecendrungan mempenngaruhi selaput lendir pada tubuh, termasuk selaput lendir mulut rahim yang memicu ketidaknormalan sel pada mulut rahim

  1. Aktivitas seksual yang terlalu dini (sebelum berusia 20 tahun)

Pada umur 12 – 20 tahun, organ reproduksi wanita sedang dalam masa aktif kembang. Ketika sel sedang membelah aktif, idealnya tidak terjadi kontak ataupun rangsangan dari luar. Kontak dan rangsangan inilah yang dapat memicu sivat perubahan sel yang normal menjadi tidak normal. Sel yang tidak normal inilah yang kemudian berkembang biak menjadi lebih ganas dan banyak saat wanita mengalami luka saat terjadi hubungan seksual. Sel tidaknormal inilah yang memicu kanker mulut rahim.

  1. Berganti-ganti pasangan

Memiliki banyak pasangan seksual akan meningkatkan resiko terinfeksi HPV (virus human papillopa), dimana virus HPV merupakan penyebab terbesar terjadinya kanker serviks yang menyebar melewati kontak hubungan seksual. Seorang wanita dapat terinfeksi virus ini ketika masih berumur belasan tahun dan baru akan terdeteksi ketika menginjak usia 20-30 tahun saat infeksi virus sudah menyebar.

  1. Terlalu sering menggunakan pembersih vagina

Tidak semua bakteri yang ada pada daerah sekitar kewanitaan merugikan. Ada juga bakteri vagina yang menguntungkan yang dapat membunuh bakteri yang merugikan tubuh. Jika wanita terlalu sering menggunakan sabun pembersih vagina, tidak hanya bakteri jahat, bakteri yang baikpun juga akan ikut mati. Selain itu, sabun vagina juga dapat menyebabkan iritasi. Kulit pada mulut rahim sangat tipis sehingga iritasi yang timbul dapat memicu sel menjadi tidak normal. Kondisi seperti ini rentan memicu kanker mulut rahim.

  1. Sistem kekebalan tubuh yang lemah

Kekebalan tubuh menjadi lemah bisa disebabkan oleh penggunaan obat imunisupresan. Obat ini sering dikonsumsi oleh wanita yang terkena virus HIV AIDS.

Demikian info dari soperwa tentang beberapa penyebab timbulnya kanker serviks yang sering terjadi. Alangkah baiknya kita menjaga dan selalu berusaha hidup sehat dan olahraga teratur untuk menjaga timbulnya kanker serviks ini, Pembersihan vagina juga sangat diperlukan. Untuk proses pembersihan secara herbal kami menyarankan penggunaan Crystal x secara teratur.

Penyebab Timbulnya Kanker Serviks | Dwi Hendarti | 4.5