Sebab Darah Haid Tidak Normal

Sebab Darah Haid Tidak Normal Pada Wanita

 

 

Sebab Darah Haid Tidak Normal | Darah saat wanita mengalami menstruasi berbeda dengan darah saat luka. Pada saat menstruasi, darah yang keluar bercampur dengan selaput rahim.

Warna darah yang dikeluarkan saat menstruasi pada umumnya berwarna merah kehitaman dan encer. Namun terkadang dalam satu periode menstruasi, darah yang keluar bisa berwarna merah cerah atau merah kehitaman dan menggumpal. Ini berarti kondisi wanita anda dalam keadaan normal. Darah seperti ini biasanya terjadi saat periode menstruasi hari pertama dan menjelang akhir. Hal ini dikarenakan, gumpalan darah seperti ini diakibatkan oleh zat anti pembekuan darah (koagulan) tidak memiliki cukup waktu untuk bekerja. Saat sedang mestruasi, tubuh wanita memproduksi zat anti koagulan yang akan membantu mencegah terjadinya pembekuan darah, sehingga darah haid tetap dalam keadaan encer sehingga mudah dikeluarkan. Namun, karena pada saat menstruasi darah yang dikeluarkan wanita sangat banyak, zat anti koagulan yang bekerja tidak mempunyai cukup waktu untuk bekerja sehingga sebagian darah menggumpal dan keluar bersama dengan darah segar.

Akan tetapi jika sewaktu-waktu anda mengalami pendarahan yang berbeda dibandingkan biasa, dimana darah lebih kental, menggumpal, berwarna lebih pekat, dan berlangsung terus sepanjang menstruasi sebaiknya anda berhati-hati karena hal ini menandakan bahwa darah menstruasi anda tidak normal.

sebab darah haid tidak normal

sebab darah haid tidak normal

Keadaan haid yang tidak normal dapat  terjadi karena beberapa hal, yaitu:

  1. Perubahan hormonal, dimana tubuh perempuan sangat tergantung pada keseimbangan hormone progesterone dan estrigen karena kedua hormone ini mengatur proses pembentukan selaput dalam rahim. Jika kadar keduanya tidak imbang maka pembentukan selaput akan berlebihan dan mengalami ketebalan. Hal inilah yang mengakibatkan darah menstruasi enjadi berlebihan dan menggumpal.
  2. Fibroid, dimana pada kasus ini fibroid yang terbentuk di dalam rahim disebut leiomyomas, yaitu sejenis tumor jinak. Fibroid umumnya tidak disertai dengan gejala saat pertumbuhannya, akan tetapi wanita yang mengidap fibroid di dalam rahim akan cenderung mengalami pendarahan menstruasi yang lebih banyak dan darah yang dikeluarkan terlihat lebih menggumpal.
  3. Keguguran, dimana pada kasus ini wanita yang mengalami pembuahan tetapi janin tidak dapat bertahan maka secara otomatis calon janin akan kelar dari dalam rahi, melalui vagina. Pendarahan seperti ini cenderung lebih padat dan berwarna merah hati.
  4. Mioma uteri, yaitu tumor jinak yang ada di uterus akan memperluas permukaan endometrium yang mana wanita yang mengidap ini akan cenderung mengalami rasa nyeri saat menstruasi dan membuat darah yang keluar lebih banyak dan menggumpal.
  5. Ademiosis, yaitu perubahan pada otot rahim yang menyebabkan membesarnya rahim dan mengganggu kontraksi ototrahim sehingga darah menstruasi akan lebih lama dan darah yang dikeluarkan menjadi lebih banyak dan menggumpal.
  6. Infeksi rahim, yaitu terjadinya infeksi di rahim dan salurannya akan membuat waktu menstruasi lebih lama dan darah yang dikeluarkan lebih banyak serta menggumpal. Hal ini membuat resiko anemia pada wanita.
  7. Adanya obstruksi, dimana obstruksi adalah polip pada leher atau mulut rahim, serta beberapa infeksi yang mengakibatkan penyumbatan saluran reproduksi. Obstruksi dapat akan menyebabkan darah haid menggumpal sebelum keluar melalui vagina.

Sebab Darah Haid Tidak Normal sering disebabkan karena kondisi haid yang tak wajar

Menurut para ahli, menstruasi yang tidak normal pada wanita bisa terjadi karena gaya hidup yang tidak sehat. Misalnya mengkonsumsi makanan berlemak seperti keju, susu, dan makanan yang mengandung estrogen. Mengkonsumsi makanan yang mengandung estrogen secara berlebihan menjadikan darah haid lebih banyak.

Wanita yang mengalami masa menstruasi, tentu akan mengenal darah menstruasi yang keluar secara normal seperti siklus setiap bulannya. Apabila anda mengalami kasus pendarahan pada menstruasi yang tidak wajar seperti biasanya, anda harus berhati-hati dan sebaiknya segeralah berkonsultasi dengan dokter, agar dokter dapat memberikan solusi ataupun memberikan penanganan lebih lanjut jika ditemukan penyakit yang membahayakan diri anda. Jika anda ingin menggunakan produk herbal yang sudah terbukti oleh ribuan wanita Indonesia, anda bisa menggunakan crystal x asli yang sudah terbukti berkhasiat memperlancar haid. Semoga bermanfaat.

Sebab Darah Haid Tidak Normal | Dwi Hendarti | 4.5