Tanda-Tanda Akan Menstruasi

Tanda-Tanda Akan Menstruasi | Wanita secara rutin akan mengalami masa menstruasi. Dimana sebelum menstruasi datang, ada beberapa tanda yang akan dialami wanita. Tanda-tanda ini bisa anda perhatikan, baik secara fisik maupun mental. Namun tak semua wanita mengalami tanda-tanda menstruasi akan datang.

Dengan mengetahui ciri-ciri menstruasi akan muncul, akan dapat membantu anda untuk waspada sehingga bagi anda yang biasanya ketika datang bulan merasa lebih emosional, akan lebih mudah mengontrolnya. Aktifitas anda yang biasanya anda lakukan setiap harinyapun tidak akan terganggu.

Berikut tanda-tanda akan menstruasi  yaitu:

  1. Masalah perut

Ketika anda akan mengalami masa  menstruasi, anda akan menngalami masalah pada bagian perut. Terkadang perut menjadi keram, mual, diare ataupun sembelit. Biasanya dibarengi dengan keinginan mengkonsumsi makanan tertentu. Nafsu makan juga mengalami perubahan.

  1. Perubahan pada bagian tubuh

Saat akan menstruasi, jerawat kerapkali muncul karena perubahan hormon. Terkadang anda akan merasakan sakit pada bagian pinggul seperti rasa kecapekan. Pada bagian payudara juga akan mengalami rasa nyeri dan terlihat lebih membesar dari biasanya. Tangan dan kaki terkadang ikut membengkak. Perubahan juga akan terjadi pada bagian ramput kewanitaan dimana akan lebih kasar dan juga lebih tebal dari biasanya.

  1. Perubahan emosional

Diantara ciri-ciri yang kerap kali muncul pada wanita yang akan mengalami masa menstruasi adalah perubahan suasana hati. Rasa emosional yang kurang terkontrol karena merasa perasaan kurang bersahabat dengan aktifitas anda. Sangat sensitive dengan keadaan lingkungan sekitar dan ingin menangis jika mendapat masalah. Anda juga merasa jengkel dan ingin marah-marah dengan keadaan yang anda hadapi. Padahal sebenarnya masalah yang anda hadapi bukanlah masalah yang berat. Masalah susah tidur juga dapat anda alami. Kemampuan daya ingat anda dan konsentrasi juga dapat menurun.

tanda-tanda akan menstruasi
tanda-tanda akan menstruasi
  1. Keputihan

Jika anda menemukan beberapa cairan berwanda putih dan tidak berbau dan muncul disekitar vagina anda, menandakan itu keputihan. Pada awalnya hanya berwarna putih, tetapi dalam beberapa waktu akan berubah menjadi kecoklatan yang berarti telah bercampur dengan darah. Ini menandakan masa menstruasi telah datang.

Selain keempat tanda-tanda akan datangnya masa menstruasi tersebut, anda juga dapat memperkirakan siklus menstruasi anda dengan mencatat dikalender sehingga anda lebih mudah memperkirakan waktu menstruasi selanjutnya. Hal ini juga penting untuk anda yang sudah berumah tangga. Jika anda telah mengingat tanggal menstruasi sebelumnya, dan anda telat menstruasi dibulan berikutnya  bisa jadi anda sedang positif hamil. Dengan mengetahui tanggal haid pertama menstruasi terakhir akan mempermudah anda meghitung siklus melahirkan.

Perhatikanlah hari pertama dan terakhir masa menstruasi. Umumnya menstruasi datang setiap 28 hari sekali, namun setiap wanita terkadang memiliki siklus menstruasi yang berbeda. Siklus yang normal dapat berkisar antara 25 sampai dengan 35 hari.

Untuk darah menstruasi itu sendiri berbeda-beda untuk setiap wanita. Waktu menstruasi wanita ada yang berkisar antara 2 hari sampai 1 minggu. Jika dirata-rata durasi menstruasi wanita sekitar 4 hhari. Bercak-bercak darah yang muncul sebelumnya diawal menstruasi tidak dihitung sebagai aliran darah menstruasi.

Bagi perempuan yang menginjak masa remaja dimulai dari umur 20 tahun biasanya memiliki siklus menstruasi yang lebih panjang dibandingkan dengan wanita yang berumur 30 tahun ke atas. Bagi wanita yang menginjak usia 40 sampai 50 tahun akan mengalami masa menstruasi yang lebih pendek. Wanita diusia ini sudah mulai memasuki masa monopouse.

Bagi anda yang memiliki masa menstruasi yang tidak teratur, sebaiknya anda berkosultasi dengan dokter. Dengan demikian dokter dapat memberikan saran ataupun tindakan untuk mengatasi masalah kewanitaan anda. Kami juga merekomendasikan anda untuk mencoba produk yang kami tawarkan, yaitu dengan menggunakan crystal-x, karena crystal-x dipercaya mampu mengatasi masalah kewanitaan anda. Semoga bermanfaat.

Tanda-Tanda Akan Menstruasi | Dwi Hendarti | 4.5