Tips Agar Rumah Tangga Selalu Harmonis

Tips Agar Rumah Tangga Selalu Harmonis

 

Tips Agar Rumah Tangga Selalu Harmonis | Setiap keluarga selalu menginginkan hubungan yang harmonis dengan pasangannya. Akan tetapi, ada saja liku-liku yang harus dihadapi sepasang pasutri dalam menjalin hubungan. Tidak jarang pasangan suami istri di awal menikah sangat romantis, akan tetapi seiring berjalannya waktu, sikap romantis yang menjadi komitmen di awal menikah berubah menjadi boom yang sewaktu-waktu meledak.

Lantas, apa saja cara yang dilakukan untuk menjaga agar hubungan keluarga tetap harmonis walau sering dihadapkan dengan suatu masalah?

Berikut ini akan kami paparkan tips agar rumah tangga selalu harmonis:

  1. Tutur kata lembut

Saat berbicara dengan pasangan, gunakanlah bahasa yang sopan dan lembut, terutama saat anda menginginkan agar suami mengikuti apa yang anda mau. Berbicara dengan kata-kata yang lembut akan membuat suami lebih menerima dan mendengarkan keinginan istri. Berbanding terbalik dibandingkan dengan istri yang berbicara kasar, karena hal ini akan memicu terjadinya permasalahan.

Kita ambil sebuah contoh, suami senang meletakan pakaian kotor disembarang tempat. Sekali dua kali anda diam. Akan tetapi, lama-lama anda ingin mengungkapkan agar suami menghilangkan kebiasaannya. Jangan katakan “saya benci dengan pakaian kotor yang berserakan”. Walaupun kata-kata yang terucap sangat simple tapi akan membuat suami merasa bahwa anda melontarkan kata-kata yang tidak nyaman didengar.

Istri yang cermat dapat memilah perkataan tersebut dengan penyampaian yang manis seperti “saya akan lebih senang jika kamu meletakan pakaian kotor pada tempatnya”. Sederhanakan! Dan pastinya sangat enak didengar dan mudah diterima.

  1. Berpikir positif

Bagi pasangan yang kurang bahagia, ada-ada saja celah untuk memunculkan bibit masalah. Jika sudah demikian, mereka akan selalu menyalahkan pasangannya dan menganggap bahwa dirinya paling benar. Berbeda terbalik dengan pasangan yang selalu berpikir positif terhadap pasangannya, mempercayakan seutuhnya pasangan, hal ini akan menumbuhkan keharmonisan dalam rumah tangga.

Ketika pasangan selalu berpikir positif terhadap pasangannya masing-masing, akan ada saja sudut pandang positif yang akan ditemukan dari pasangan anda. Hal tersebut yang membuat anda akan selalu bersyukur karena telah dikaruniai pasangan sebaik suami.

  1. Berikan momen-momen indah bersama

Momen indah di sini maksudnya ada waktu-waktu tertentu untuk berdua melakukan kegiatan yang menyenangkan. Momen indah bukan berarti hanya dilakukan di luar saja. Anda bisa membangunnya dengan hal-hal sederhana di rumah, misalnya nonton tv di rumah berdua dengan pasangan, bercanda, dan makan sepiring berdua dengan perasaan yang senang. Momen-momen sederhana ini akan menambah keharmonisan dalam rumah tangga.

agar-rumah-tangga-selalu-harmonis

  1. Baca situasi

Sebagai seorang istri hendaknya mampu membaca situasi hati sang suami. Kapan waktu saat suami ingin istirahat dan kapan waktu saat suami membutuhkan perhatian dari anda. Gelagat sang suami memberikan sinyal yang kuat terhadap anda. Jadi, suami tidak harus mengungkapkannya terlebih dahulu untuk mendapat perhatian dari anda. Intinya, anda siap sedia siaga kapanpun suami memerlukan perhatian anda. Saya yakin, anda akan benar-benar menjadi penyejuk dalam rumah tangga.

  1. Mengulang masa lalu

Apabila ingin menjalin hubungan harmonis dengan pasangan, hilangkan momen buruk yang pernah terjadi dimasa lalu dan mengenang masa indah bersama. Ajak pasangan anda dengan mendatangi tempat indah bersama pasangan anda dimana pertama kali menghabiskan waktu bersama saat awal-awal pernikahan. Misalnya anda bertemu pertama kalinya di warung makan, cobalah untuk datang ke tempat tersebut dan makan bersama. Hal tersebut akan membuat hubungan semakin harmonis.

  1. Bersikap manja

Ada kalanya seorang istri bersikap manja dan merayu suami. Akan tetapi, lihat mood suami. Saat suami sedang dalam keadaan dengan mood yang sangat baik, disaat itulah waktu yang tepat untuk bermanja dengannya. Karena sikap manja anda akan membuat suami merasa benar-benar diharapkan keberadaannya. Namun, jangan coba-coba bersikap manja saat suami sedang sibuk atau sedang pusing karena pekerjaannya. Hal tersebut akan membuat emosi suami meledak.

Jangan gengsi untuk sering mengungkapkan perasaan sayang anda terhadap pasangan. Bahkan memanggil pasangan dengan sebutan manja misalnya “sayang” akan membantu menjaga hubungan baik dengan suami.

  1. Family time

Sesibuk apapun aktifitas suami, berikan waktu untuk berkumpul bersama keluarga besar. Saat berkumpul bersama keluarga besar, seperti orang tua dan saudara-saudara dengan acara makan bersama akan membuat keceriaan dalam keluarga. Cerita tentang pengalaman dan sebagainya akan muncul sehingga menciptakan suasana yang seru. Rasa lelah yang dirasa akan berangsur menghilang. Saat hubungan keluarga antara suami dan keluarga dari istri atau sebaliknya terjalin dengan baik, akan membuat hubungan suami istri juga menjadi lebih harmonis.

Itulah tadi 7 tips yang dapat di terapkan dalam menjaga keharmonisan rumah tangga. Dengan menciptakan suasana nyaman di rumah, hubungan harmonis akan selalu terjalin. Jika sudah demikian, masalah apapun yang menjadi ujian dalam rumah tangga akan dihadapi bersama dengan kepala dingin dan solusi terbaik.

Selamat mencoba dan semoga tips agar rumah tangga selalu harmonis ini bermanfaat!

 

Tips Agar Rumah Tangga Selalu Harmonis | Dwi Hendarti | 4.5