Tips Menyamankan Hati Saat Hamil

Tips Menyamankan Hati Saat Hamil

 

Tips Menyamankan Hati Saat Hamil | Masa kehamilan adalah masa dimana setiap pasangan menikah menunggu untuk mendapatkan keturunan baru. Dimasa ini wanita akan merasakan keberadaan calon bayi di dalam perutnya yang akan terus berkembang, dimana ibu hamil akan terus menumbuhkan rasa sayangnya kepada calon buah hatinya walaupun masih di dalam kandungan. Ibu hamil akan sering menceritakan keadaan perkembangan janinnya kepada kerabatnya. Tanpa disadari karena terlalu memperhatikan perkembangan calon bayinya terkadang seoranng ibu hamil kurang memperdulikan suasana hatinya.

Ketika anda sedang dalam keadaan hamil, suasana hati sering berubah dimana terkadang merasakan nyaman (good mood) dan terkadang tidak nyaman (bad mood). Hal ini dipengaruhi oleh perubahan hormon selama kehamilan. Perubahan suasana hati, kecemasan, dan mudah tersinggung merupakan sifat emosi normal pada ibu hamil. Diantara masalah hati ini terkadang membuat anda merasa sulit untuk menangani.

cara menyamankan hati saat hamil

cara menyamankan hati saat hamil

Di bawah ini merupakan tips membantu membuat suasana hati anda nyaman saat hamil:

  1. Menciptakan suasana bahagia

Usahakan agar anda terhindar dari stress karena stress dapat mengganggu perkembangan janin anda. Cara yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan stress adalah melakukan senam ibu hamil, berkumpul bersama keluarga, dan melakukan kegiatan yang membuat anda menjadi senang. Misalnya memasak menu spesial untuk anda yang menyukai hobi memasak dan liburan bersama keluarga. Yang terpenting kegiatan yang anda lakukan tidak berlebihan dan dapat menimbulkan masalah pada anda dan janin. Bagi anda yang beragama muslim, anda bisa mendengarkan lantunan ayat suci Al-Qur’an karena dengar mendengarkan ayat suci Al-Qur’an dapat merangsang pertumbuhan otak pada janin dan memberi ketenangan pada anda.

  1. Berusaha untuk bersikap tenang

Bagi anda yang rentan terhadap sikap cemas atau memiliki sifat sensitive sebelumnya, anda harus berusaha untuk mengontrol emosi dan bersikap tenang dalam menghapai masalah. Hal ini dikarenakan ibu hamil yang mengalami kecemasan dan memiliki sikap cepat marah, selain beresiko terhadap kesehatan emosional ibu hamil juga berpengaruh terhadap perkembangan otak janin. Jika anda merasa kurang mampu mengontrol emosi, cobalah untuk sharing dengan pasangan anda, teman ataupun keluarga anda. Namun jika anda merasa masih belum menemukan solusi, anda bisa datang ke ahli psikiater agar memberikan solusi  ataupun memberi pengobatan agar anda bisa lebih relax. Jika suasana hati tenang, rutinitas harian anda tidak akan terganggu.

  1. Merancang perencanaan mendatang

Bagi ibu hami, terkadang banyak yang dipikirkan sampai membuatnya pusing sendiri, terutama pada anda yang baru pertama kali mengalami masa kehamilan. Bayanng-bayang rasa saat persalinan, persiapan uang persalinan, persiapan baju dan keperluan bayi lainnya, sampai dengan perawatan bayi yang akan membuat anda lebih sibuk lagi. Semua masalah itu dapat membuat anda stress. Bagi anda yang memiliki masalah seperti ini sebaiknya anda bicarakan dengan pasangan anda dan membuat perencanaan sebelumnya untuk mempersiapkan semuanya. Sehingga ketika bayi anda telah lahir anda tidak akan merasa dibebani oleh masalah tersebut.

  1. Meminta bantuan kerabat atau teman

Menghabiskan waktu yang lama seorang diri ditambah dengan sifat kecemasan dan emosional yang labil akan mendorong pikiran negative. Sebaiknya anda yang sedang dalam masalah kebingungan misalnya dalam mempersiapkan belanja keperluan bayi, anda bisa bertanya kepada keluarga ataupun teman yang berpengalaman untuk ikut membantu mempersiapkan keperluan anda. Jangan malu untuk meminta bantuan kepada mereka. Begitu juga dengan kecemasan yang muncul ketika membayangkan proses persalinan yang belum pernah dialami ataupun membayangkan keadaan bayi yang akan dilahirkan, anda bisa sharing dengan kerabat anda agar mereka memberikan tips terhadap masalah berdasarkan pengalaman mereka anda sehingga suasana hati anda tetap dalam keadaan yang nyaman.

Demikianlah pemaparan dari kami tentang tips membantu suasana hati anda agar tetap dalam keadaan nyaman ketika sedang hamil. Intinya wanita hamil lebih rentan terhadap pengaruh kesehatan bagi ibu dan calon bayi. Jadi usahakanlah agar anda lebih menjaga suasana hati sehingga anda dan janin anda tetap selalu dalam keadaan yang sehat dan normal sesuai harapan kita semua. Semoga bermanfaat.

Tips Menyamankan Hati Saat Hamil | Dwi Hendarti | 4.5