Waktu Tidur Ideal Bayi Sesuai Umurnya

Waktu Tidur  Ideal Bayi

Waktu tidur ideal bayi | Apakah bayi anda tidur dengan waktu yang ideal?

Tahukah anda bahwa waktu tidur yang dibutuhkan anak berbeda-beda. Hal ini didasarkan oleh beberapa faktor diantaranya yaitu usia bayi dan juga kebiasaan yag diterapkan orang tuanya. Pada awal usianya, bayi memiliki waktu tidur yang sangat lama. Kemudian seiring bertambahnya usia, bayi akan mengurangi waktu tidurnya. Selain itu, penerapan orang tua untuk membiasakan anaknya mengenai jam tidurnya juga memiliki peranan penting. Oleh karena itu, orang tua memiliki peranan pentinng dalam membiasakan anaknya membentuk pola tidur yang ideal.

Berikut ini merupakan gambaran umum dari jumlah waktu tidur anak yang ideal setiap harinya berdasarkan usianya, diantaranya:

  • Usia bayi 1 – 4 minggu

Bayi yang berusia antara 1 – 4 minggu memiliki waktu ideal minimal tidur 15 – 16 jam perhari. Bahkan terkadang bayi tidur hingga 18 jam perhari. Untuk bayi yang baru lahir 0 – 7 hari tidurnya belum berpola, dimana bayi anda belum mengenal waktu siang dan malam. Sehingga tak jarang bayi yang baru lahir bisa sering tidur disiang hari dan bangun dimalam hari atau sebaliknya. Mereka baru mulai belajar untuk beradaptasi dengan waktu. Sedangkan bagi bayi prematur, mereka memiliki waktu tidur yang lebih lama daripada bayi yang lahir normal kurang lebih 9 bulan.

waktu tidur ideal  bayi

waktu tidur ideal bayi

  • Usia bayi 1 – 4 bulan

Bayi yang berusia antara 1 – 4 bulan akan memiliki waktu tidur yang lebih sedikit dibanding bayi yang baru lahir dimana waktunya 14 – 15 jam perhari. Pada usia 1 bulan bayi sudah mulai mengenal pola tidurnya. Bayi dapat menghabiskan waktunya 4 – 5 jam untuk 2 kali tidur  yang mana terdiri dari waktu tidur dipagi dan siang hari. Sedangkan sisanya untuk tidur dimalam hari. Pada masa ini bayi sudah mulai bisa merasakan perbedaan waktu antara siang dan malam.

  • Usia 4 – 12 bulan

Pada usia ini bayi memiliki waktu idealnya untuk tidur sama dengan waktu tidur usia 1 – 4 bulan tadi yaitu sekitar 14 -15 jam perhari. menginjak usia 10 bulan ketika bayi sudah mulai berjalan waktu tidurnya menjadi 12 jam perhari. Pada usia ini anda sebagai orang tua sangat berperan dalam memberikan jam tidur yang konsisten untuk bayi anda, karena bayi sudah mulai berinteraksi sehingga terkadang lupa dengan rasa ngantuk dan mengikuti kebiasaan tidur orang dewasa. Jika anda gagal menerapkan pola tidur yang benar, maka kebiasaan ini akan terus terbawa sampai anak besar nanti sehingga anak susah untuk tidur yang benar.

  • Usia 1 – 3 tahun

Pada usia ini anak mulai kehilangan pola tidur dipagi hari. Anak anda hanya akan tidur disiang hari satu kali yang biasanya menghabiskan waktu tidur sekitar 2 – 3 jam dan malam hari 1 kali sekitar 9 – 10 jam. Padda malam hari biasanya akan dimulai antara jam 7 – 9 dan akan terbangun pada pukul 5 – 7.

  • Usia 3 – 6 tahun

Waktu ideal tidur pada anak anda yang berusia antara 3 – 6 tahun yaitu sekitar 10 – 12 jam perharinya. Anak-anak yang berumur 3 – 5 tahun masih memerlukan waktu untuk tidur siang, sedangkan anak-anak yang sudah berunur 5 tahun keatas akan mulai menghilangkan kebiasaan tidur siangnya. Anak-anak pada usia ini akan mulai tidur malam pada pukul 7 – 9 dan akan bangun pada pukul 6 – 8 pagi.

Jika anak anda sudah memenuhi waktu tidur ideal  bayi, maka perkembangan dan kualitas kesehatan akan lebih baik

Anda sudah mengetahui tentang pola tidur anak yang ideal. Bila jumlah tidur anak anda tidak mencapai jumlah di atas, dapat dikatakan bahwa anak anak memiliki kualitas tidur yang belum ideal. Untuk mengubah pola tidur yang belum memenuhi kriteria ideal, peran anda sebagai orang tua sangatlah penting untuk membantu anak anda mengatur waktu tidur yang tepat. Semoga artikel tentang waktu tidur ideal  bayi bermanfaat.

Waktu Tidur Ideal Bayi Sesuai Umurnya | Dwi Hendarti | 4.5